Analisis Kesulitan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Pada Tingkat Pengetahuan Konseptual
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4501Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kesulitan guru dalam menerapkan pembelajaran tematik pada tingkat pengetahuan konseptual di kelas IV dan V Gugus I Kecamatan Sukamulia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru kelas IV dan kelas V. Sampel penelitian ini berjumlah 5 Sekolah Dasar yang terdiri atas 6 guru kelas IV dan 6 guru kelas V, serta 4 siswa kelas IV dan 4 siswa kelas V. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu: (1) Jenis kesulitan yang dialami guru berupa kesulitan dalam mengaitkan konsep pada mata pembelajaran yang satu dengan konsep pada mata pembelajaran yang lain dan kesulitan dalam memberi contoh yang terkait dengan konsep yang dijelaskan dikarenakan objek yang dicontohkan tidak ada di lingkungan sekolah/rumah siswa dan kesulitan dalam mengembangkan konsep pembelajaran. (2) Faktor penyebab kesulitan guru yaitu guru kurang menguasai materi pembelajaran dan kurangnya motivasi guru dalam membuat media pembelajaran. (3) Upaya untuk mengatasi kesulitan guru yaitu menguasai materi pembelajaran sebelum mengajar, menggunakan media pembelajaran sederhana, dan menggunakan video pembelajaran serta membuat jaring-jaring tema.References
A. P. Astuti and A. Nu. Rps. (2018). Teknologi Komunikasi dan Perilaku Remaja. J. Anal. Sosiol., vol. 3, no. 1.
Dina Fadilah dan Arif Rahman Hakim. (2019). Kolaborasi Penerapan Problem Posing dan Metode Eksperimen sebagai upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Mahasiswa PGSD 2C pada Mata Kuliah Konsep Dasar Sains SD T.A. 2018/2019. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 5. No. 1, 102-112.
D. Wahyudi and D. S. Wardani. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Melalui Multimedia Lcd Proyektor. Jurnal Ilmiah Didakt: Media Ilmiah. Pendidikan dan Pengajaran, vol. 18, no. 1, 1–15.
L. Syifa, E. S. Setianingsih, and J. Sulianto. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. vol. 3, no. 4, 527–533.
N. Azmi. (2016). Potensi emosi remaja dan pengembangannya. Sos. Horiz. Jurnal Pendidikan Sosiologi., vol. 2, no. 1, pp. 36–46.