Penerapan Storytelling Dongeng Timun Emas Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Rasa Kepercayaan Diri Siswa Kelas IV di SDN 2 Kelayu Selatan

Storytelling, Bimbingan Kelompok, Rasa Kepercayaan Diri.

Authors

  • Arif Rahman Hakim Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Hastuti Hadiah Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Heni Tia Asri Apriliani Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Hesti Maulida Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Hidayatul Azizah Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Ika Purnama Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Universitas Hamzanwadi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.26674

Keywords:

storytelling, dongeng timun emas, bimbingan kelompok, rasa kepercayaan diri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan metode storytelling dongeng timun emas melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa kelas IV di SDN 2 kelayu selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 31 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa dan lembar observasi percaya diri siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tahap pra penelitian, tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan terakir yaitu tahap refleksi tindakan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu penerapan metode storytelling dengan menggunakan teks cerita timun emas melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa di kelas IV berhasil diterapkan dengan mengacu pada hasil data yang menunjukkan adanya peningkatan yang terjadi pada proses pembelajaran di sekolah yaitu Peningkatan rasa kepercayaan diri dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 2 Kelayu Selatan termasuk sudah berkembang dengan baik yaitu mencapai 84.44%.

References

Agustina, F. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Dan Metode Story Telling. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2).

Amri, S. (2018). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis ekstrakurikuler pramuka terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–170.

Aprizal, M. R., Alwi, M., Hakim, A. R., & Mukti, H. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Acvtive Learning pada Muatan IPA Siswa Kelas V. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 144–152.

Deva Kurnia, S. (2023). PENGARUH METODE DIGITAL STORYTELLING PADA KETERAMPILAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMPN 12 KOTA BENGKULU. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Faizah, F., & Widyastuti, S. R. (2022). Pengaruh LKS Kimia Berbasis Problem Solving terhadap HOTS (Higher Order Thinking Skills). PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 331–337.

Fakhiroh, A., & Hidayatullah, S. (2018). Pengaruh Percaya Diri Terhadap Ketrampilan Berbicara. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 34–46.

Hakim, A. R., Hadi, Y. A., Maritasari, D. B., Maulida, S. S., & Hamdi, H. (2022). Pengembangan Buku Cerita Anak Berbasis Bahasa Inggris Terhadap Budaya Literasi Siswa Kelas 4 MI Darul Ikhwan Karang Anyar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 10–17.

Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151.

Inkiriwang, R. R. (2020). Kewajiban negara dalam penyediaan fasilitas pendidikan kepada masyarakat menurut undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidkan nasional. Lex Privatum, 8(2).

Jannah, F. (2015). Inovasi pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. -, 1(1).

Ngewa, H. M. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 1(1), 96–115.

Rahmawati, H., Iskandar, S., Rosmana, P., Nabilah, A. P., Rahmawati, A., Herlina, P., & Agustiani, N. (2023). Peran Guru Penggerak Terhadap Penerapan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4039–4050.

Wijayanti, U., Matulessy, A., & Rini, A. P. (2020). Efektifitas Pelatihan Kepercayaan Diri Terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Tingkat Akhir, Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Psikosains: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi, 15(1), 76–90.

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

Hakim, A. R., Hadiah, H., Apriliani, H. T. A., Maulida, H., Azizah, H., & Purnama, I. (2024). Penerapan Storytelling Dongeng Timun Emas Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Rasa Kepercayaan Diri Siswa Kelas IV di SDN 2 Kelayu Selatan: Storytelling, Bimbingan Kelompok, Rasa Kepercayaan Diri. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1). https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.26674

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.