Komparasi Metode Cooperative Tipe Struktural Dyadic Methods Dengan Metode Cooperative Riview Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v5i1.1776Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh yang ditimbulkan oleh metode cooperative tipe struktural dyadic methods (SDM) dengan metode cooperative riview (CR) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Lendang Nangka Utara tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model desain Static group comparision. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Lendang Nangka Utara dan sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Kelas V SDN 06 sebagai kelas eksperimen 1, sedangkan kelas V SDN 02 sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan angket. Data dianalisis menggunakan uji-t dua pihak dengan metode polled varian. Hasil hipotesis untuk motivasi belajar menunjukkan bahwa (1,6819), artinya Ho diterima dan Ha ditolak, sedangkan untuk hasil belajar (1,6819) yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak adanya perbedaan pengaruh yang ditimbulkan oleh metode Cooperative Tipe Struktural Dyadic Methods (SDM) dengan Metode Cooperative Riview (CR) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Lendang Nangka Utara tahun pelajaran 2018/2019.
References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Huda, Miftahul. (2016) cooperative Learning Metode, Teknik, Struktural dan Model Penerapan. Yokyakarta. Pustaka Pelajar.
Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru- Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung. Alfabeta.
Margono. (2010). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta