Komparasi Metode Cooperative Tipe Struktural Dyadic Methods Dengan Metode Cooperative Riview Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar

Authors

  • Arif Rahman Hakim
  • Dina Fadilah Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v5i1.1776

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh yang ditimbulkan oleh  metode  cooperative  tipe struktural dyadic methods (SDM) dengan metode cooperative riview (CR) terhadap  hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN  Lendang Nangka Utara tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model desain Static group comparision. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Lendang Nangka Utara dan sampel penelitian  ditentukan dengan teknik random sampling. Kelas V SDN 06 sebagai kelas eksperimen 1, sedangkan kelas V SDN 02 sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan angket. Data dianalisis menggunakan uji-t dua pihak dengan metode polled varian. Hasil hipotesis untuk motivasi belajar menunjukkan bahwa  (1,6819), artinya Ho diterima dan Ha ditolak, sedangkan untuk hasil belajar (1,6819) yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak adanya perbedaan pengaruh yang ditimbulkan oleh metode  Cooperative  Tipe Struktural Dyadic Methods (SDM) dengan Metode Cooperative Riview (CR) terhadap  hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN  Lendang Nangka Utara tahun pelajaran 2018/2019.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. (2016) cooperative Learning Metode, Teknik, Struktural dan Model Penerapan. Yokyakarta. Pustaka Pelajar.

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru- Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung. Alfabeta.

Margono. (2010). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Hakim, A. R., & Fadilah, D. (2019). Komparasi Metode Cooperative Tipe Struktural Dyadic Methods Dengan Metode Cooperative Riview Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 10–16. https://doi.org/10.29408/didika.v5i1.1776