Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Tema Pahlawanku Untuk Siswa Kelas IV SDK Olakile Kecamatan Boawae
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4516Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan LKS berbasis Contextual Teaching and Learning pada tema pahlawanku yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas IV di SDK Olakile. (2) Mengetahui kualitas hasil uji produk pengembangan LKS berbasis Contextual Teaching and Learning pada tema pahlawanku yang sesuai dengan karakteristik siswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Katolik Olakile dengan sampel 10 orang. Penelitian ini merupakan pengembangan LKS berbasis CTL ini dikembangkan dengan model ADDIE yang terdiri atas lima langkah yaitu: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Penelitian ini masih sederhana yaitu pada tahap validadi tim ahli dan ujicoba ke siswa. Hasil uji validitas yang dilakukan pada ahli bahasa memperoleh skor rata-rata 4,33 dengan kriteria sangat baik. Uji validitas yang dilakukan oleh ahli isi/konten materi memperoleh rata-rata skor 33,44 dengan kriteria baik. Uji validitas yang dilakukan oleh ahli desain pembelajaran memperoleh rata-rata skor 35,55 dengan kriteria baik. Uji validitas yang dilakukan oleh pengguna produk memperoleh rata- rata skor 4,81 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba oleh ahli dan siswa sehingga hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan pada kategori sangat baik. Maka pengembangan lembar kerja siswa berbasis Contextual Teaching and Learning ini layak untuk digunakan.References
Awe, Ermelinda Yosefa. (2014). Hubungan Antara Kualifikasi Akademik, Kompetensi, Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada. https:// ejournal. Undiksa. ac. id/index. http/JET/articel/view/12859/8127.
Awe, Ermelinda Yosefa. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik Bermuatan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV SDI Rutosoro Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/1782
Dasna, dkk. (2015). Desain Model Pembelajaran Inovatif Dan Interaktif. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Depdiknas. (2003). Pendekatan Kontextual (CTL). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hakim, I.N. (2014). Pembelajaran Tematik- Integratif di SD/MI dalam Kurikulum 2013. Insania, Vol. 19, No. 1. 2014.
Hartono. (2011). Pendidikan Integratif. Purwokerto: STAIN Press.
Imam, F.N. (2015). “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Oleh Guru-Guru SMP Negeri 1 Ungaran dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013”. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.
Mulyasa, H.E. (2015). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Permendiknas No. 16 Tahun (2017). Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana Dewi