Hubungan Antara Keterlibatan Orang Tua Dengan Hasil Belajar Pada Siswa - Siswi Sd Se-Gugus IX Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada

Authors

  • Ermelinda Yosefa Awe Program Studi PGSD STKIP Citra Bakti
  • Maria Patrisia Wau Program Studi PGSD STKIP Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7555

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterlibatan orang tua dengan hasil belajar pada siswa-siswi SD Se-Gugus IX, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV dan V SD Se-Gugus IX, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada yang berjumlah 166 orang dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 118 orang yang diambil secara undian dan ditentukan berdasarkan tabel  Krecjie and Morgan serta formula Wenwich. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian Ex-post facto. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk variabel keterlibatan orang tua, sedangkan hasil belajar diperoleh dari nilai rata-rata pada rapor siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi sederhana dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterlibatan orang tua dengan hasil belajar pada siswa - siswi SD Se-Gugus IX Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada melalui persamaan regresi    Ŷ = 80,690 - 0,059 X dengan kontribusi sebesar 0,8%. Berdasarkan hasil temuan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterlibatan orang tua dengan hasil belajar pada siswa-siswi SD se-gugus IX, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada. Maka dengan demikian, faktor keterlibatan orang tua dapat dijadikan prediktor untuk peningkatan hasil belajar siswa di SD se-gugus IX Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada.

Author Biography

Ermelinda Yosefa Awe, Program Studi PGSD STKIP Citra Bakti

Assalamualaikum wr wb

References

Afriansyah, Donal. 2014. Hubungan antara Dukungan Orangtua dengan Hasil Belajar Siswa-siswi pada Pembelajaran IPS di Kelas VI SD Negeri 68 Kota Bengkulu. Artikel. http://ejournal.Afriansyah,Donal.2014.Hubungan-antara-Dukungan-Orang-Tua-dengan-Hasil-Belajar-Siswa-siswi-pada Pembelajaran-IPS-di-Kelas-VI-SD-Negeri-68-Kota Bengkulu. Diakses pada tanggal 20 Februari 2018. Anitah W, Sri, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Awe, Ermelinda Yosefa dan Benge Kristina. 2017. Hubungan Antara Minat dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Pada Siswa SD. Jurnal. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/12859/0. (diakses 5 Juli 2018).

Dwiningrum, Siti Irene Astuti. 2011. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasbi Wahy. 2012. Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama. Jurnal Ilmiah Didaktika vol. XII, No. 2. https://media.neliti.compublications.Keluarga-Sebagai-Basis-Pendidikan-Pertama-dan-Utama. Diakses pada tanggal 19 Februari 2018.

Ihsan, Fuad. 2008. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Komalasari, Kokom. 2015. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Meka, Marsianus. 2017. Hubungan Antara Sikap Siswa Terhadap Matematika Dan Lingkungan Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDK Olabolo Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. Vol. 4. No 1.

Obon, Frans. 2017. Orang Tua, Guru Moral Pertama Anak. Flores Pos, 5 Juni 2017, halaman 16 kolom 3, 4 – 5.

Rizki, Sari Defia. 2017. Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah Dasar Kelas II dan III. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan-Sukabumi. http://www.ejournal.Rizki,SariDefia.2017/1/8.Hubungan-Pola-Asuh-Orangtua-Dengan-Prestasi-Belajar-Anak-Usia-Sekolah-Dasar-Kelas-II-dan-III. Diakses pada tanggal 20 Februari 2018.

Ristiani Ema Putri. 2015. Pengaruh Keterlibatan Orangtua dalam Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan III Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Skripsi (Tidak-diterbitkan). http://lib.unnes.2015.Pengaruh-Keterlibatan-Orangtua-dalam-Belajar-Terhadap-Prestasi-Belajar-Siswa-Kelas-V-Sekolah-Dasar-Negeri-Se-Daerah-Binaan-III-Kecamatan-Petarukan-Kabupaten-Pemalang.ac.id. Diakses pada 18 Februari 2018.

Rahyubi, Heri. 2012. Teori-teori belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidik dan Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: ALFABETA

Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta; PT. Rajagrafindo Persada.

Susilo, Herawati dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia.

Sugiyono.2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Titik Kristiyani. Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan dan Komitmen Siswa. Artikel. https://journal.ugm.ac.id.Titik-Kristiyani.Keterlibatan-Orangtua-dalam-Pendidikan-dan-Komitmen-Siswa. Diakses pada tanggal 20 Februari 2018.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 tentang system pendidikan nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia

Downloads

Additional Files

Published

2022-12-31

How to Cite

Awe, E. Y., & Wau, M. P. (2022). Hubungan Antara Keterlibatan Orang Tua Dengan Hasil Belajar Pada Siswa - Siswi Sd Se-Gugus IX Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 304–319. https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7555