Pengembangan Buku Cerita Anak Berbasis Bahasa Inggris Terhadap Budaya Literasi Siswa Kelas 4 MI Darul Ikhwan Karang Anyar

Authors

  • Arif Rahman Hakim Universitas Hamzanwadi
  • Yul Alfian Hadi Universitas Hamzanwadi
  • Donna Boedi Maritasari Universitas Hamzanwadi
  • Siti Sarah Maulida Universitas Hamzanwadi
  • Husnan Hamdi

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5735

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku cerita anak berbasis Bahasa Inggris untuk memperkenalkan Bahasa Inggris sejak dini kepada siswa melalui kegiatan literasi. Model pengembangan dalam penelitian ini mengadopsi model   Borg & Gall model ini memiliki 10 tahap dalam pengembangan yaitu :penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan pendahuluan, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi produk operasional, uji coba lapangan operasional, revisi  produk  akhir,  desiminasi  dan pendistribusian. Model tersebut disederhanakan menjadi 7 tahapan yaitu: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan pendahuluan, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi produk akhir. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas 4 yang berjumlah 16 orang siswa. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus skala 5 untuk validasi dan angket respon siswa. Hasil penilaian kelayakan untuk ahli materi memperoleh skor 64 dengan kategori sangat baik, sedangkan penilaian untuk ahli  tampilan  memperoleh  skor 63 termasuk dalam kategori baik. Respon siswa terhdap buku cerita anak berbasis Bahasa Inggris dikategorikan baik setelah diberikan angket respon kepada 16 orang responden dengan perolehan rata-rata 60.81. Berdasarkan observasi oleh peneliti mendapat respon baik dengan skor 38.

Author Biography

Arif Rahman Hakim, Universitas Hamzanwadi

Assalamualaikum wr wb

References

Awe, E. Y., Kaka, P. W., & Hakim, A. R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Tema Pahlawanku Untuk Siswa Kelas IV SDK Olakile Kecamatan Boawae. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 223–338.

Maunah, B. (2009). Ilmu pendidikan.

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Manajemen pendidikan. RajaGrafika Persada.

Santriati, A. T. (2020). Perlindungan Hak Pendidikan Anak Terlantar Menurut Undang Undang Perlindungan Anak. EL WAHDAH, 1(1), 1–13.

Wardani, P. T., Alwi, M., & Hakim, A. R. (2020). Pengembangan bahan ajar IPA kelas V Sekolah Dasar menggunakan multimedia interaktif berbantuan animasi. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 191–198.

Arikunto, Suharsini. (2010). Prosesdur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.

Irawan, R. Andi dkk. (2019). Modul Panduan Teknis Gerakan Literasi Ma’arif (GLM). Semarang: CV. Asna Pustaka.

Malawi, Ibadulah. Dewi Tryanasari dan Apri Kartikasari. (2017). Pembelajaran Literasi Berbasis Sastra Lokal. Jawa Timur: CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Padmadewi, Ni Nyoman dan Luh Putu Artini. (2018). Literasi Disekolah Dari Teori Ke Praktik. Bali: Nila Cakra Publishing House.

Sugiono. (2011). Metodelogi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Additional Files

Published

2022-06-30

How to Cite

Hakim, A. R., Hadi, Y. A., Maritasari, D. B., Maulida, S. S., & Hamdi, H. (2022). Pengembangan Buku Cerita Anak Berbasis Bahasa Inggris Terhadap Budaya Literasi Siswa Kelas 4 MI Darul Ikhwan Karang Anyar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 10–17. https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5735

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>