Kolaborasi Model Think Talk Write Dengan Brainwriting Terhadap Keterampilan Berpikir Reflektif Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Dina Fadilah Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Syahruddin Amin universitas hamzanwadi
  • Wardia Ningsih Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4915

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran think talk write melalui penerapan metode brainwriting terhadap keterampilan berpikir reflektif peserta didik sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan  adalah eksperimen  dengan menggunakan desain penelitian berbentuk one group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 27 orang di SDN 1 Suela. Teknik analisis data menggunakan uji normalias dan untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa: (1) pre-test berdistribusi normal (Xhitung=1,96 dan Xtabel= 9,49), (2) post-test berdistribusi normal (Xhitung= 1,87 dan Xtabel= 9,49), (3) uji hipotesis diperoleh   hasil thitung= 7,6 dan ttabel 2,010, artinya thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran think talk write melalui penerapan metode brainwriting efektif terhadap keterampilan berpikir reflektif peserta didik sekolah dasar.

References

Angriani, A. D. et al. (2016) ‘Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write Pada Peserta Didik Kelas Viii1 Mtsn Model Makassar’, MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(1), pp. 11–28.

Aris Soimin (2014) 68 Model pembeljaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Daefatul, A. (2021) ‘Pengaruh Metode Brainwriting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pelajaran Ips Kelas V Sekolah Dasar Negeri 20 Ampenan Tahun Ajaran 2021/2022’. Universitas Mataram.

Fadilah, D. And Hayati, N. (2018) ‘Pengembangan Perangkat Tes IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Pembentukan Bank Soal’, Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), pp. 1–13.

Hangestiningsih (2015) Diklat pengantar Ilmu pendidikan Bab VI. Yogyakarta: Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Sarjanawiata Taman Siswa.

Juniasih, N. W., Jampel, I. N. and Setuti, N. M. (2013) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD’, Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).

Sugiyono (2018) Metode penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Susanto, A. (2013) Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia grup.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Fadilah, D., Amin, M. S., & Ningsih, W. (2021). Kolaborasi Model Think Talk Write Dengan Brainwriting Terhadap Keterampilan Berpikir Reflektif Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 368–377. https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4915

Most read articles by the same author(s)