IMPLEMENTASI TEORI VAN HIELE TERINTEGRASI TEORI BRUNER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 2 RENSING TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Fitri Febrianti, Musabihatul Qudsiah, Dina Afriana, MIjahamuddin Alwi, Dina Fadilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi teori Van Hiele terintegrasi teori Bruner terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 2 Rensing Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design.    Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik sampling jenuh. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa. Instrumen penelitian yang diberikan berupa tes essay. Uji prasyarat yang digunakan adalah Chi Kuadrat  untuk menguji normalitas data, sedangkan uji F untuk menguji linieritas data. Berdasarkan hasil uji normalitas dan linieritas diperoleh bahwa populasi berditribusi normal dan  linier. Berdasarkan hasil penelitian terlihat nilai rata-rata pretest 61,4, sedangkan nilai rata-rata posttest 80,1. Dari hasil perhitungan uji hipotesis yang menggunakan uji t didapatkan hasil yaitu yakni 12,21  dengan derajat kebebasan (db) = 42, dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian  Ha diterima sedangkan  Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi teori Van Hiele terintegrasi teori Bruner berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Nyimas, dkk. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, Oemar. (2011). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Heruman. (2014). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nurgiyantoro, Burhan. (2017). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Setyosari, Punaji. (2012). Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sunarto, H. (2009). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Depdikbud & Rineka Cita.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Warpala, I.W.S. 2009. Pendekatan Pembelajaran Konvensional. Diunduh di http://edukasi.kompasiana.com/2009/12/20/pendekatanpembelajarankonvensional/ tanggal 5 Mei 2018.




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.3046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Pengunjung DIDIKA