Pengaruh Pemberian Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Siswa SDN 2 Kelayu Jorong

Authors

  • M. Deni Siregar Jurnal Educatio FKIP Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v3i2.682

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian bimbingan kelompok dalam terhadap motivasi belajar siswa pada SDN 2 Kelayu Jorong. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian eksperimen sungguhan dengan jenis control group pre-test pos-test. Teknik pengumpulan data disesuaikan dengan hasil yang ingin dicapai dalam penelitian. Instrument yang akan digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan observasi. Untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok berpengaruh dalam kesulitan belajar, digunakan t-test dengan polled. Harga thitung 11,44. Adapaun dimana harga t-hitung dibandingkan dengan t-tabel (dk=n1 + n2 - 2 = 30 + 30 - 2 = 58). Berdasarkan dk = 58, untuk kesalahan 5 %, maka harga t-tabel = 2,000. Ternyata harga t hitung (11,44) lebih besar dari harga t-tabel (11,44 > 2,000). Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya “Meningkatnya motivasi belajar dengan menggunakan bimbingan kelompok pada siswa SDN 2 Kelayu Jorong Tahun Pelajaran 2016/2017â€. Ini disebabkan karena bimbingan kelompok membuat siswa untuk selalu aktif dalam setiap segi  pembelajaran.

Kata Kunci : Bimbingan Kelompok dan Motivasi Belajar

 

Author Biography

M. Deni Siregar, Jurnal Educatio FKIP Universitas Hamzanwadi

Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Hamzanwadi

Downloads

Published

2017-08-01

How to Cite

Siregar, M. D. (2017). Pengaruh Pemberian Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Siswa SDN 2 Kelayu Jorong. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 56–67. https://doi.org/10.29408/didika.v3i2.682