Peningkatan kemampuan berbicara dengan Menggunakan metode diskusi pada pembelajaran bahasa Indonesia dikelas III SDN 2 Lekor 2021/2022

Authors

  • M. Deni Siregar Universitas Hamzanwadi
  • Dukha Yunitasari

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4562

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dikelas III SDN 2 Lekor Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok tengah dengan menerapkan metode diskusi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 komponen pokok langkah pelaksanaan penelitian, yaitu: 1). Perencanaan, 2).Tindakan, 3). Pengamatan, 4). Refleksi. Subjek penelitian siswa kelas III berjumlah 15 orang, tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian dari segi keterampilan berbicara menggunakan metode diskusi menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan berbicara antara siklus I dan siklus II. Dalam siklus pertama diketahui dari peserta didik yang terampil berbicara dikelas dari 15 peserta didik hanya 6 peserta didik. Yang terampil berbicara dengan baik tanpa arahan dari guru, 2 peserta didik,7 peserta didik yang tidak terampil berbicara didepan kelas atau diam saja meskipun telah diberikan arahan oleh guru dan dikategorikan belum tuntas. Sedangkan dari hasil belajar diperolehan hasil ketuntasan klasikal 63%. Sedangkan pada saat siklus ke dua dengan menggunakn metode diskusi didapat kemampuan berbicara peserta didik meningkatkan hasil rata-rata kelas 80 dan ketuntasan klasikal 85%. terampil berbicara tanpa arahan dari guru,4 peserta didik (15%) terampil bercerita dengan cukup baik (ada arahan dari guru),3 peserta didik (15%) tidak terampil berbicara meskipun telah diberikan arahan oleh guru. Kita ketahui dengan berdiskusi siswa bisa memanfaatkan waktunya dalam mengomentari semua hal yang bisa di simak dan di dengar dalam kelas ketika proses berdiskusi dimulai. Distulah terlihat siapa yang aktif dengan yang tida dalam proses kemampuan berbicara di dalam kelas terutama depan teman-teman atau kelompok berdiskusi.

Kata kunci : Metode diskusi, keterampilan berbicara

References

Ariesti , Ni Made. 2021. Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas IV SD Negeri 36 Mataram. Jurnal Ilmiah Sangkareang Mataram. Vol. 8 No. 1 (2021): Maret 2021

Darmawan Harefa. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Pada Model Pembelajaran Prediction Guide. Indonesian Journal of Education and Learning. Vol 4, No 1 (2020) hal. 399-407

Djamarah, Syaiful Bahri. 2018. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka. Cipta.

Lolita Nora Br Tarigan. 2021. Analisis Belajar Mandiri Siswa Kelas V SD Negeri 047164 Seberaya Kab.Karo Tahun Pelajaran 2020/2021. Digital RepositorySkripsi thesis, Universitas Quality Berastagi

Maidita Putri, Zulminiati dan Rakhimawati. 2019. Efektivitas Penerapan Metode Bermain Peran Makro Terhadap Pengembangan Bahasa Lisan Anak Di Taman Kanak-Kanak Darul Falah Kota Padang, Jurnal Ilmiah Potensia, 2019, Vol. 4 (1). h. 49

Ngumpriyatun. 2020. Penggunaan Metode Talking Ball Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, Vol.4, No.1, Januari 2020 25-32

Nurgiansah, T. H., & Pringgowijoyo, Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan. PKNSTAN, 2 (1)

Putri Juwita, Nirmawan. 2020. Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Cerpen. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP). Vol. 1 No. 2. Hal 39-42

Siregar, M.Deni, Dukha Yunitasari.2019.Meningkatkan Membaca Menulis Melalui Teknik SAS Kelas 3 MI No. 1 Pancor Lombok Timur. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar. 5(1) 32-39

Novia, T. 2002. Strategy to Improve Student’s Ability in Speaking. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Putri, Wijayanti. 2021. Kegiatan Bermain Peran Makro dalam Upaya Mengembangkan Bahasa Anak Usia 5 – 6 Tahun di TK Miftahul Huda Tanjung Raja Lampung Utara. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung. Repository

Rizmi Nur Andari. 2020. Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Model Quantum Learning Berbantuan Media Podcast (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas XI RPL A SMK Negeri 1 Cimahi Tahun Ajaran 2019/2020). S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Sri Rahayu Pudjiastuti, N. Ilis a, Hesti Mustika Atia. 2020. Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Pemahaman Globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda) Volume 03, Nomor 02, September 2020, Hal. 133 – 138

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2018. Cooperatif Learning. Jogjakarta: Pustaka Belajar.

Wardani, Karsiwan, Purwasih, A., Lisdiana, A., & Hamer, W. (2019). Pendampingan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Kabupaten Pringsewu. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (2), 323 – 342.

Wewen, Jaswan and Yetty, Morelent and Muhammad, Sahnan. 2021. Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas III A dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Role Playing di SDN 43 Dadok Tunggul Hitam Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Siregar, M. D., & Yunitasari, D. (2021). Peningkatan kemampuan berbicara dengan Menggunakan metode diskusi pada pembelajaran bahasa Indonesia dikelas III SDN 2 Lekor 2021/2022. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 297–312. https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4562