Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5834Abstract
Guru membentuk karakter siswa melalui berbagi bentuk dalam pembelajaran salah satunya dengan pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam membentuk karakter siswa melalui pembelajaran kooperatif. Subjek penelitian ini adalah guru di SD Negeri 2 Bagik Payung Kecamatan Suralaga. Penelitian ini menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian direduksi reduksi untuk mengurangi bias dan subejektifitas lalu disajikan dalam bentuk deskripsi hingga penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peran guru dalam membentuk karakter siswa melalui pembelajaran kooperatif yaitu guru mengarahkan siswa dan membagi siswa secara acak atau heterogen ke dalam sebuah kelompok dengan tingkat kemampuan yang berdeda-beda. Membimbing dan mengawasi siswa untuk kelancaran diskusi kelompok. Mengamati, memantau dan menilai sikap dan perilaku yang terbentuk pada siswa. Sehingga dengan pengorganisasian tugas guru yang maksimal dalam membantu kelancaran diskusi kelompok sehingga terbentuklah karakter pada siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif yang diterapkan oleh guru di dalam proses pembelajaran, adapun karakter yang terbentuk yaitu karakter kerja sama siswa, sikap peduli sosial, tanggung jawab, sikap saling menghargai, toleransi, komunikatif-bersahabat, dan sikap rasa ingin tahu.
Kata kunci: Peran Guru, Membentuk Karakter, Pembelajaran Kooperatif
References
Asmani, Jamal Ma’mur. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta:DIVA Press.
Darmadi, Hamid. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tangung Jawab menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi. 13 (2), 164.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Intraksi Edukatif. Jakarta:PT Rineka Cipta.
Fitri, Agus Zaenal. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Hamid, Abdul. (2017). Guru Profesional. Al Falah. XVII (32), 274
Julaiha, Siti. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jurnal Dinamika Ilmu. 14 (2), 236.
Kurniawan, Syamsul. (2016). Pendidikan karakter: Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Moleong, Lexy J. (2016). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurfuadi. (2012). Profesionalisme Guru. Yogyakarta:Stain Press.
Ramadhan,Ahmad Yasar dan Fauziah, Puji Yanti. (2019). Peran Orang Tua dan Guru Mengembangkan Nilai-nilai Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 9 (2), 105.
Roqib, Moh dan Nurfuandi. (2020). Kepribadian Guru. Yogyakarta:Cinta Buku.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Sidiq, Umar dan Choiri, Miftachul. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan.Ponorogo:Nata Karya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Yunarti, Yuyun. (2014). Pendidikan Kearah Pembentukan Karakter. Jurnal Tarbawiyah. 11 (2), 266.