Analisis Kemampuan Guru Kelas MI NW Kalijaga Mengembangkan Gerakan Literasi Pada Fase Normal Covid-19

Authors

  • Nur Fitriani Universias Hamzanwadi
  • Doni Septu Marsa Ibrahim UNIVERSITAS HAMZANWADI
  • Abdul Aziz UNIVERSITAS HAMZANWADI

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.14821

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tingkat kemampuan guru kelas dalam pengembangan gerakan literasi pada masa fase new normal covid-19 di MI NW Kalijaga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap kepala sekolah dan guru kelas MI NW Kalijaga. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif dengan persentase sehingga data yang diperoleh terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Proses pengembangan budaya literasi telah dirancang oleh pihak sekolah MI NW Kalijaga, dalam mengembangkan gerakan literasi dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: (1) Perencanaan pengembangan budaya literasi, diwujudkan dalam bentuk perumusan tujuan, perumusan program, perumusan strategi, dan pengelolaan sarana dan prasarana. (2) Implementasi pengembangan budaya literasi. Implementasi pengembangan budaya literasi terdiri dari proses pembiasaan, pengembangan, dan pengajaran. (3) Evaluasi dilakukan oleh setiap guru kelas berupa evaluasi bulanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas dikategorikan cukup mampu mengembangkan gerakan literasi dengan persentase 52,22% sesuai dengan hasil rekapitulasi data observasi yang telah dilakukan oleh peneliti.

Kata Kunci: Analisis Kemampuan, Guru Kelas, Pengembangan GLS, Fase Normal Covid-19.

References

Abi Anggito dan Setiawan Johan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat. Jejak.

Ananda Rusydi. 2018. Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Medan: LPPPI.

Bukit Benjamin dkk. 2017. Pengembangan Sumber Daya Manusia Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementsi dalam Organisasi. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Febrianty dkk. 2021. New Normal Era-edisi III (sumber elektronis). Yogyakarta: Zahir Publishing.

Fizah Dewi. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktor Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Herawati Netti dan Bachtiar. 2018. Prosiding Seminar Nasional: Memaksimalkan Peran Pendidik dalam Membangun Karakter. Tuban: FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.

Kemdikbud. 2019. Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas Saatnya Tingkatkan Kualitas. Diakses 11 April 2021. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas

Malawi Ibadullah dkk. 2017. Pembelajran Literasi Bberbasis Sastra Lokal. Jawa Timur: Media Grafika.

Mardiana D. 2020. Kemampuan Guru kelas Dalam Mengembangkan Rencana Pelakanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama II Tembilahan Hulu. Skripsi. Tidak Diterbitkan. STAI AULIAURRASYIDIN: Tembilahan.

Pohan, Albert Efendi. 2020. Gerakan Literasi Nasional Literacy Goes To School. Jawa Timur: Qiara Media.

Pratiwi A.D. 2019. Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Pada Anak Kelompok A1 Di TK Bina Anaprasa Nuris Jember. Skripsi. Tidak Diterbitkan. FKIP. Universitas Jember: Jember.

Ridha N. 2020. Kajian Implementasi Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Surkarta.

Saadati, Baiq Arnika. 2019. Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar Muhamad Sadli. TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6, 2.

Samsu. 2017. Metode Penelitian (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Mothods, serta Research & Development). Jambi: PUSTAKA.

Setyawan, Ibnu Aji. 2018. Kupas Tuntas Jenis dan Pengertian Literasi. Diakses pada 1 Mei 2021. https://gurudigital.id/jenis-pengertian-literasi-adalah/

Suragangga, I.M. 2017. Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 154-163.

Waskim. 2017. Optimalisasi Budaya Literasi di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 70-73.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Fitriani, N., Ibrahim, D. S. M., & Aziz, A. (2023). Analisis Kemampuan Guru Kelas MI NW Kalijaga Mengembangkan Gerakan Literasi Pada Fase Normal Covid-19. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 66–75. https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.14821

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>