Penggunaan Video Tutorial dalam Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3828Abstract
Artikel ini menjelaskan bagaimana respon siswa dalam penggunaan video tutorial untuk mendukung kegiatan pembelajaran daring di masa pendemi virus corona pada mata pelajaran Matematika. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah angket yang dikembangkan dari teori difusi inovasi Rogers. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penggunaan video tutorial sebagai media pembelajaran terdiri dari empat tahap, yaitu: persiapan, perekaman, penyelesaian akhir, dan implementasi. Respons siswa terhadap keuntungan yang diperoleh dari penggunaan video tutorial adalah bernilai 3,58, artinya baik. Respons siswa terhadap kesesuaian video tutorial adalah bernilai 4,35, artinya sangat baik. Respons siswa terhadap tingkat kesulitan dari penggunaan video tutorial adalah bernilai bernilai 3,70, artinya baik. Respons siswa terhadap ketercobaan video tutorial adalah bernilai 4,12, artinya baik, dan Respons siswa terhadap keteramatan hasil penggunaan video tutorial adalah bernilai 3,38, artinya cukup. Hasil akhir dari respon siswa dalam menggunakan video pembelajaran bernilai 3,83, ini artinya penggunaan video dalam proses pembelajaran pada siswa Sekolah Dasar.References
Ackermann, M., Ajello, M., Albert, A., Allafort, A., Atwood, W. B., Axelsson, M., … Bastieri, D. (2012). The Fermi large area telescope on orbit: event classification, instrument response functions, and calibration. The Astrophysical Journal Supplement Series, 203(1), 4.
Akbar, R. R. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. UIN Raden Intan Lampung.
Arif, M. F., Praherdhiono, H., & Adi, E. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Gaya Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 329–335.
Aswasulasikin, A., & Kuswanto, H. (2018). The Impacts of Social Media Facebook to the Education Pattern of Elementary School Students.
Aswasulasikin, A., & Nur, H. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Hts (Hang Of The Scramble) Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iii Sdn 03 Sambelia. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 50–57.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan video sebagai media pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna, 2(1), 47–66.
Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 74–84.
Biggs, H. C., & Rogers, K. H. (2003). An adaptive system to link science, monitoring and management in practice. The Kruger Experience: Ecology and Management of Savanna Heterogeneity, 59–80.
Dawson, V., & Van Loosen, I. (2012). Use of online video in a first year tertiary mathematics unit. Curtin University.
Etrina, E., Anriani, N., & Fathurrohman, M. (2018). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis kompetensi Abad 21. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Hegeman, J. S. (2015). Using instructor-generated video lectures in online mathematics courses improves student learning. Online Learning, 19(3), 70–87.
Ibrahim, D. S. M., Aswasulasikin, A., & Hidayatullah, M. (2019). Bahan Ajar Berhitung Cepat Dengan Aplikasi Game Adobe Flash Untuk Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 86–93.
Karma, I., Darma, I. K., & Santiana, I. (2019). Teaching strategies and technology integration in developing blended learning of applied mathematics subject. International Research Journal of Engineering, IT & Scientific Research.
Kattge, J., Bönisch, G., DÃaz, S., Lavorel, S., Prentice, I. C., Leadley, P., … Abedi, M. (2020). TRY plant trait database–enhanced coverage and open access. Global Change Biology, 26(1), 119–188.
Koivusalo, M., Haimi, P., Heikinheimo, L., Kostiainen, R., & Somerharju, P. (2001). Quantitative determination of phospholipid compositions by ESI-MS: effects of acyl chain length, unsaturation, and lipid concentration on instrument response. Journal of Lipid Research, 42(4), 663–672.
Lawson, D. A., Carpenter, S. L., & Croft, A. C. (2008). Mathematics support: Real, virtual and mobile. International Journal for Technology in Mathematics Education, 15(2).
Munir, P. D. (2012). Multimedia konsep & aplikasi dalam pendidikan.
Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi pembelajaran pada masa lockdown bagi lembaga PAUD di kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177–186.
Nugroho, M. A., Susilo, A. Z., Fajar, M. A., & Rahmawati, D. (2017). Exploratory study of SMEs technology adoption readiness factors. Procedia Computer Science, 124, 329–336.
Prastowo, A. (2014). Pemenuhan kebutuhan psikologis peserta didik SD/MI melalui pembelajaran tematik-terpadu. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 1(1), 1–13.
Prastowo, A. (2018). Sumber belajar dan pusat sumber belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Kencana.
Pratiwi, B., & Hapsari, K. P. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282–289.
Riyanto, A. (2020). Penggunaan Video Sebagai Media Tutorial Pembelajaran terhadap Kemampuan Berceramah Siswa. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 3(2), 231–238.
Spence, D. J. (2007). Traditional and online student reactions to the video tutor component of MyMathLab. 19th International Conference on Technology in Collegiate Mathematics, Boston, MA.
Suryansyah, G., Jailani, S., & Sari, S. Y. (2019). penerapan media pembelajaran berbasis internet dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V di madrasah ibtidaiyah nurul hidayah kota jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin.
Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan video tutorial dalam pembelajaran sistem pengapian di SMK. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 68–76.