Pengembangan Komik Sebagai Media Pemeblajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV SDN 2 Selong

Authors

  • Yul Alfian Hadi Universitas Hamzanwadi
  • Muhammaad Husni Universitas Hamzanwadi
  • Rodiatul Pazri Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v5i2.1784

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media pembelajaran yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Metode Penelitian yang digunakan dalam  penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (Reasearch and Development) dengan mengadopsi model 4 D, yang kemudian disederhanakan  menjadi tiga tahap karena keterbatasan  pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Selong yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan  lembar instrument validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi pertama oleh ahli desain diperoleh skor 47 yang berada pada rentang skor  39 < X  ≤ 51, dengan kategori “Cukupâ€, hasil validasi ke dua oleh ahli desain diperoleh skor 57, yang terdapat pada rentang skor  51 < X 63, dengan kategori “Baikâ€, hasil validasi ahli materi memperoleh skor 60, yang berada pada rentang skor  51 < X 63, dengan kategori “Baikâ€, hasil uji coba lapangan memperoleh rata-rata skor 42,13 yang berada pada rentang X > 42,06 , dengan kategori “Sangat  Baikâ€. Hal ini menunjukkan bahwa media komik layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: Komik, Reasearch and Development.

Author Biography

Yul Alfian Hadi, Universitas Hamzanwadi

References

Nick Soedarso. (2015). Komik Karya Sastra Bergambar. Jurnal Humaniora. Volume 06, Nomor 4, hal. 496-506.

Nurgiyantoro, Burhan.(2013).Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sadiman, dkk.(2012).Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono.(2016).Metode Penelitian dan pengembangan (Reasearch and Development R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad.(2014).Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenademia Group.

Widyoko, Eka, P.(2017).Evaluasi Program Pembelajran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2019-12-30

How to Cite

Hadi, Y. A., Husni, M., & Pazri, R. (2019). Pengembangan Komik Sebagai Media Pemeblajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV SDN 2 Selong. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 113–121. https://doi.org/10.29408/didika.v5i2.1784