Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Benda Manipulatif Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.18738Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDN 2 Ciracap pada mata pelajaran matematika sehingga memerlukan perbaikan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka akan digunakan media manipulatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media manipulatif untuk meningkatkan hasil belajar serta mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah digunakannya media manipulatif dalam pembelajaran matematika. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 2 Ciracap yang berjumlah 14 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga manipulatif berupa geoboard dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III sekolah dasar pada mata pelajaran matematika. Peningkatan hasil belajar ini dapat dilihat dari siswa yang paham terhadap materi pelajaran, dapat mengerjakan soal yang diberikan oleh guru, dan meningkatkan nilai yang diperoleh siswa pada saat tes hasil belajar. Pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 75,71 dengan persentase ketuntasan klasikal 71,42%. Pada siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 81,43 dengan persentase ketuntasan klasikal 85,71%.
References
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hadijah, S., Aulia, L., & Eviyanti, C. Y. (2020). Profil Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar Menggunakan Alat praga Berintegrasi Budaya Aceh. Jurnal Numeracy, 7(2), 309-323.
Hidayah, E. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Talking Stick. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 11(2), 271-284.
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Alat praga dalam Proses Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2, hal. 17-26. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Khirulina, L. (2018). Media LASERIN dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Penjajahan Belanda di Indonesia. Jurnal PINUS, 3(2), 86-96.
Kristina, Tampubolon, B., & Uliyanti, E. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Manipulatif pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 1-10.
Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. JURNALBASICEDU, 5091.
Marselina, K., Lasmawan, I., & Dantes, N. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 105-114.
Murni, F., Marjo, H. K., & Wahyuningrum, e. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Manipulatif pada Pembelajaran Matematika dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 6(2), 438-459.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019 (hal. 659-663). Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang.
Nurhayati, L., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2021). Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Bangun Datar di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 274-280.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Alat praga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171-187.
Oktavia, D. N., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2020). Analisi Minat Belajar Matematika Berbasis Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kelas Rendah. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 153-158.
Raharjo, I., Rasiman, & Untari, M. F. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 96-101.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.
Rohmatin, F. (2017). Pengidentifikasian Huruf Hijaiyah yang Bentuknya Sama sebagai Strategi Peningkatan Motivasi dan Keberhasilan Membaca Iqro’ Pada Siswa SDLB Tunagrahita Ringan (C). Al-Bidayah, 9(1), 78-82.
Setiwan, R. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (action research). Yogyakarta: Nuha media.
Sidiq, Z., & Karnia, A. T. (2018). Alat Peraga Benda Manipulatif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan pada Mata Pelajaran Matematika. JASSI, 19(2), 25-31.
Simanjuntak, H., Sembiring, E. L., Kudadiri, R. T., Sianturi, L., Tambunan, W. G., Sianturi, S. T., & Bangun, A. A. (2023). Pembelajaran Menyenangkan dengan Menggunakan Alat praga dan Metode Bervariasi pada Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 6-11.
Sopian, L. A., Yudha, C. B., & Oktaviana, E. (2020). Matematika, Penerapan Media Papan Geoboard pada Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II (hal. 444-449). Bogor: STKIP Kusuma Negara.
Susilawati, E. S., & Usmaedi. (2018). Meningkatkan Kemampuan Operasi Bilangan Melalui Penggunaan Media Manipulatif. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 2(1), 1-8.
Susriyati, D., & Yurida, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Karakter. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 272-280.
Tafonao, T. (2018). Peranan Alat praga dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.
Talakua, Y., Anas, S., & Aqil, M. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada RSU Bhakti Rahayu Ambon. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1253-1270.
Yulia, S. A., Sripatmi, & Baidowi. (2021). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Benda Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 156-162.