PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP CALISTUNG PESERTA DIDIK KELAS IV SD INPRES ANTANG 1
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v9i2.21309Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Calistung Peserta Didik Kelas IV SD Inpres Antang 1 Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas IV SD Inpres Antang 1 yang berjumlah 31 orang. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes kemampuan calistung. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata aktivitas guru 3,7, nilai rata-rata aktivitas peserta didik 3,5, nilai rata-rata keterlaksanaan gerakan literasi sekolah 4,0, nilai rata-rata kemampuan membaca peserta didik 3,1, nilai rata-rata kemampuan menulis peserta didik 3,1, dan nilai rata-rata kemampuan menghitung peserta didik 3,1. Hasil tes kemampuan calistung nilai rata-rata pretest 56.61 dan nilai rata-rata posttest 84,42. Analisis inferensial, pada hasil uji normalitas 0,167 > 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji homogenitas adalah 0,111 > 0,05 (homogenitas terpenuhi) dan hasil uji T adalah 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gerakan literasi sekolah berpengaruh terhadap calistung peserta didik kelas IV B SD Inpres Antang 1 Kota Makassar.
References
Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1288
Asrin, A. (2022). Metode Penelitian Eksperimen. Maqasiduna: Journal of Education, Humanities, and Social Sciences, 2(01), 21–29. https://doi.org/10.59174/mqs.v2i01.24
Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585
Dharmawan, J., & Rahayu Setyaningsih, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality Live Texturing Pada Pembelajaran Mewarnai Anak Usia Dini Di Paud Holistik Integratif El-Fath Sumenep. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 69–86. https://doi.org/10.24929/alpen.v5i2.98
Ghany, M. A. A., Fauzi, D. A., & Kartini, C. (2019). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa Kelas SMK. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(6), 1019–1028.
Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://jurnaldidaktika.org/
Hayun, M., & Haryati, T. (2020). Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Siswa SD Lab School FIP UMJ. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 79–89.
Jusmawati dkk. (2020). Model-Model Pembelajaran di Sekolah dasar. Samudra Biru (Anggota IKAPI).
Jusmawati, J. (2019). Efektivitas Model Kooperatif Two Stay Two Stray (Ts-Ts) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 164. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a7.2019
Kasim, H., & Salemuddin, M. R. (2023). The Impact of Socio-Economic Status on Teachers ’ Performance in SMP Negeri 2 Parigi Gowa Regency. 1, 75–84.
Mahsun, M. (2019). Upaya Meningkatakan Keterampilan Menulis Dengan Teknik Rcg (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas Vi Sdn Buse Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(1), 32–46. https://doi.org/10.58258/jisip.v3i1.631
Midya Yuli Amreta, & Ani Safa’ah. (2021). Pengaruh Media PAPINKA terhadap Kemampuan Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 21–28. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.192
Novita, A., & Muqowim, M. (2019). Inovasi Guru dalam Metode Pembelajaran Berhitung untuk Menstimulasi Kecerdasan Logis-Matematis di TK Kalyca Montessori School Yogyakarta. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 21–36. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.51-02
Nudiati, D. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561
Nurcahyani, & Ismu, R. (2021). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Dalam Peningkatan Gemar Membaca Siswa Di Sdn Jatimulyo 01 Kota Malang. 12–26.
Pujiati, D., Basyar, M. A. K., & Wijayanti, A. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 57–68. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2615
Rohilah, R., & Hardiyana, R. (2018). Pengaruh Penguasaan Kosakata Dan Metode Karyawisata Terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Membaca (Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(1), 51. https://doi.org/10.30870/jmbsi.v3i1.3745
Sabillah, B. M., Satriawati, S., & Panggalo, S. L. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Teknik Permainan Melengkapi Cerita Pada Tema Kebersamaan Terhadap Siswa Kelas Ii Sd Inpres Bangkala Ii Kota Makassar. Celebes Education Review, 1(1), 70–81. https://doi.org/10.37541/cer.v2i2.547