Komparasi Keefektifan Pembelajaran Ipa Dengan Media Pembelajaran Kontekstual Dan Video Pembelajaran Interaktif Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Pannara Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7570Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keefektifan media pembelajaran kontekstual dengan video pembelajaran interaktif IPA pada siswa kelas III SD Negeri Pannara Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. penelitian ini mengambil tempat di SD Negeri Pannara Kota Makassar. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III/A dan III/B yang terdiri dari 35 siswa kelas III/A dan 33 siswa kelas III/B, sehingga jumlah sampel 68 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes. Setelah dilakukan analisis data, penulis menemukan bahwa aktivitas siswa dalam media pembelajaran kontekstual dengan skor 3,6 dalam kategori sangat baik, sedangkan media pembelajaran video interaktif skor 3,2 dalam kategori baik. Skor tanggapan siswa dengan menggunakan media pembelajaran kontekstual adalah 3,60 dalam kategori sangat positif dan tanggapan siswa pada media pembelajaran video interaktif dengan skor 3 dalam kategori positif. Hasil belajar pada media pembelajaran kontekstual setelah perlakuan dengan skor 84,43 dalam kategori baik dan menggunakan media pembelajaran video interaktif skor 83,33 dalam kategori baik, sehingga hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri Pannara Kota Makassar pada penerapan media pembelajaran kontekstual lebih efektif dibandingkan hasil belajar IPA siswa pada penerapan media pembelajaran video interaktif.
References
Aisyah Siti. 2015. Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Deepublish
Andriyani, Yulisa. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 01 Meraksa Aji Tulang Bawang”. Skripsi (Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung, 2017).
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Edisi Revisi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Awang, Ana Ery Rambu. “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang”. Skripsi (Universitas Negeri Semarang 2016).
Baharuddin, dkk. 2010. Teori Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Darmawan, Deni. 2015. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.
Kufi, EL Bayuzar. M. “Pengaruh sarana Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Matematika Siswa Kelas V Di Madrasah Ibditiyah Negeri (MIN).
Husamah dkk. 2018. Belajar & Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Jusmawati, H. U., & Darwis, M. (2015). Efektivitas Penerapan Model Berbasis Masalah Setting Kooperatif dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X SMA Negeri 11 Makassar. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 30-40.
Lina Novita, dkk. 2019. Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Univeritas Pakuan 3(2).
M Hidayatul, Ayu Fuji. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMPE Negeri 1 Singosar”. Skripsi. (UIM Malik Ibrahim, 2018).
Mustofa dan Muhammad Thobroni. 2013. Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam pengembangan Nasional. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.
Noviaturrahmah, fifi. Pengembangan Kualitas Media Pembelajaran Tajwid Di Mi Nu Raudlatul Wildan Desa Ngembalrejo Kudus. Jurnal. Volume 7. Nomor 1. Tahun 2019.
Puspita, Sari Lilik. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Pasing Terhadap hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Pada siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kampak Trenggalek Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014”. Skripsi. (Instititut Agama Islam Negeri, 2014).
Purwanto, Rudy. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Sistem Koordinasi Melalui Metode Pembelajaran Teaching Game Team Terhadap Siswa Kelas XI IPA SMA Smart Ekselensia Tahun Ajaran 2010-2011. Pendidikan Dompet Dhuafa edisi 1/2011.
Riyana Cepi. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.
Rusman, Deni Kurniawan, dan Cepi Riana. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesi Guru. Depok: Rajagrafindo Persada.
Sabillah Bellona Mardhatillah, dkk. 2019. Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Terhadap Hasil belajar IPS. Jurnal Unismuh. Volume 4. Nomor 2. Juli 2019. (diakses Selasa 27 April 2021).
Sanaky, Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inofatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.
Syah, Muhibbin.2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sri, Andi Rahayu. “Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Model Pembelajaran Interaktif terhadap pembelajaran IPA siswa kelas V 1 Bonepute Kabupaten Luwu”. Skripsi(FKIP UNIMERZ Makassar, 2021).
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta, CV (20).
Sugiarti, Andi. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Model Higher Grider Thinking Skill (HOTS) Siswa Kelas IV SDN Salumpong Kabupaten Mamuju”. Sktipsi (FKIP Unimerz Makassar, 2020)
Sulfiana, Sri. “Pengaruh Media Berbasis Lingkungan terhadap hasil Belajar IPA Pada Murid Kelas IV SD Inpres Parigi Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng”. Skripsi ( FKIP UNIMERZ Makassar, 2019).
Suwardi Ratifi Dana. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil belajar Siswa kompetensi dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 BAE Kudus”. Skripsi (Universitas Negeri Semarang, 2012).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS dan Peraturan Pemerintah tentang standar Nasional Pendidikan serta Wajib Belajar. Bandung: Citra Umbara.