Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Lokal Pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Kelas IV SDN Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Muhammad Sururuddin Universitas Hamzanwadi
  • Burhanuddin Burhanuddin UNiversitas Hamzanwadi
  • Zohrani Zohrani Universitas Hamzanwadi
  • Afwani Dwi Safitri Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.2337

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media audio visual berbasis kearifan lokal pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan dan bagaimana hasil pengembangan dari perancangan media berbasis kearifan lokal yang telah didesain. Penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan Sugiyono. Prosedur pengembangan yang digunakan dibatasi sampai enam tahapan yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, dan (6) uji coba produk. Jumlah siswa yang dijadikan subyek uji coba pada penelitian ini adalah 36 orang yang diambil dari kelas IV SDN 1 Danger tahun pelajaran 2019/2020. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa media yang dirancang berkategori valid dengan kualitas bahan ajar baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi dari ahli materi dengan skor rata-rata 4,9 dan ahli tampilan dengan skor rata-rata 3,5. Data lain sebagai pendukung hasil validasi ini dapat dilihat dari hasil respon siswa yang memberikan jawaban “ya†dengan respon sebesar 91,3% untuk uji coba serta hasil dari tes belajar siswa dalam belajar menggunakan media audio visual berbasis kearifan  lokal adalah baik dengan ketuntasan klasikal siswa mencapai 80%. Ini berarti bahwa pengembangan media audio visual berbasis kearifan lokal efektif digunakan dalam mengajarkan tema 1 Indahnya Kebersamaan.

 

Kata kunci: Pengembangan, Media Audio Visual, Kearifan Lokal

References

Agus Suryono. (2012). Birokrasi dan Kearifan Lokal. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Azhar Arsyad. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Hamdani.(2011). Strategi Belajar Mengajar.Bandung : CV Pustaka Setia

Marfai, M.A. (2013). Pengantar Etika Lingkungan Dan Kearifan Lokal . Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Nana Syaodih & Sukmadinata.(2013). Metode Penelitian Pendidikan. PT Bandung Remaja Rosdakarya

Rusman, dkk.(2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tri Joko Haryanto. (2014). Kearifan Lokal Pendukung Kerukunan Beragama Pada Komunitas Tengger Malang Jatim.Jurnal Analisa, Volume 21, Nomor 2, hal. 201-213.Diunduh dari https://www.academia.edu/18682396 pada tanggal 7 April 2019

Yudhi Munadi. (2013). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru).Jakarta: Gaung Persada Press.

Downloads

Published

2020-06-28

How to Cite

Sururuddin, M., Burhanuddin, B., Zohrani, Z., & Safitri, A. D. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Lokal Pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Kelas IV SDN Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 139–147. https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.2337