Implementasi Model Project Based Learning Berbasis Qr Code Question Untuk Meningkatkan Kemampuan Dasar Matematika
Project Based Learning (PjBL), Qr Code, Kemampuan Dasar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.24558Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan dasar matematika siswa. Kemampuan dasar matematika adalah kemampuan atau capaian yang harus dimiliki siswa dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dasar siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan model project based learning (PjBL) berbasis qr code question pada siswa kelas VI SDN 1 Kembang Kuning Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan sebanyak dua siklus. Sedangkan metode pengumpulan data yang diperoleh dengan menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model project based learning (PjBL) berbasis qr code question membantu peningkatan kemampuan dasar matematika siswa kelas VI SDN 1 Kembang Kuning. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata tes asesmen sumatif setiap siklus mengalami peningkatan yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,36 dengan persentase ketuntasan klasikal 54,5% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,18 dengan persentase ketuntasan klasikal 86,3 %. Siswa juga memberikan respon yang sangat positif terhadap penerapan model project based learning (PjBL). Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa guru dapat mengintegrasikan project based learning (PjBL) berbasis qr code question dalam proses pembelajaran matematika di kelas.
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi.(2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hudojo, Herman. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
Khairani, B. P., & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1578– 1587. Diambil dari https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.623
Khoiruddin, Ahmad. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Aksi dan Reaksi Gaya Smk Negeri 7 Surabaya. JPTM. Volume 11 Nomor 01 (2021):38. Diambil dari
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknikmesin/article/view/42632/37241
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Mardiyatmi, Eni & Abdullah, S.I.2018.Pengaruh Kemampuan Dasar Matematika dan Kreatifitas Belajar Terhadap Kompetensi Belajar Fisika (Survei SMP Negeri di Kota Tangerang).Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA. Vol. 1, No.1 p-ISSN: 2615-7756 e-ISSN: 2615-7748.
Masjaya dan Wadono. Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. Prisma 1 (2018):568. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/20196/9574/
Muhsetyo, Gatot dkk. 2021. Pembelajaran Matematika SD. Banten:Universitas Terbuka.
Raharjo, Ilham dkk.”Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik.” Journal for Lesson and Learning Studies, no. 1 (2021):97.
Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/download/27934/18951
Rahmayanti, Lisa., & Antosa, Zariul., & Adiputra, M.J. (2020). Analisis Kesulitan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik. Primary. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 9 No. 1, 72-80.
Diambil dari https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/download/7850/pdf
Suryono & Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Surabaya: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.