Dampak Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Bagi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Mawar Sari 5Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Nurul Hidayah Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Nursakinah Nursakinah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Erika Fatmasari Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Bulan Bulan Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.25012

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh dampak media sosial terhadap kesehatan mental bagi siswa sekolah dasar. Selain itu, media sosial juga memiliki tujuan sebagai alat untuk mempermudah segala kegiatan dan aktivitas kehidupan sehari-hari sebagi mahluk sosial seperti dalam dunia pendidikan sangat membantu siswa dalam menambah wawasan dan pengetahuannya. Penelitian ini menggunakan metode literasi (literature review), dan menggunakan pendekatan library research atau studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu untuk menjawab mengenai seberapa jauh dampak media sosial terhadap kesehatan mental bagi siswa sekolah dasar. Penelitian terlebih dahulu sudah terkumpul atau daya yang diperoleh dikompulasi, dianalisis, dan disimpulkan agar mendapatkan kesimpulan mengenai Dampak Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Bagi Siswa Sekolah Dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan pengaruh negatif yang harus dilakukan atau ditanggapi secara profesional sebagai salah satu penggunaan media sosial di era perkembangan teknologi modern saat ini serta media sosial memiliki faktor resiko yang cukup besar sebagai salah satu bagian yang mempermudah kehidupan manusia yang tidak dapat kita pungkiri. 

 

References

Bashir, H., & Bhat, S. A. (2017). Effects of Social Media on Mental Health: A Review. The International Journal of Indian Psychology, 4(3), 125-131.

Cicognani, E. (2014). Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research. Retrieved from springer.com: https://link.springer.com/referencework/10.1007/978-94-007-0753-5

Kelly, Y., Zilanawala, A., Booker, C., & Sacker, A. (2018, Desember). Penggunaan Media Sosial dan Kesehatan Mental Remaja: Temuan dari Studi Kelompok Milenium Inggris. Part of THE LANCET Discovery Science, 6, 59-68.

Koh, J. X., & Liew, T. M. (2020). How loneliness is talked about in social media during COVID-19 pandemic: Text mining of 4,492 Twitter feeds. Journal of Psychiatric Research.

McDool, E., Powell, P., Roberts, J., & Taylor, K. (2020, Januari). The Internet and Children's Psychological Wellbeing. Journal of Health Economics, 69(1), 1-20.

Tso, W. W., Reichert, F., Law, N., Fu, K. W., Torre, J. d., Rao, N., . . . Ip, P. (2022, Maret). Digital competence as a protective factor against gaming addction in children and adolescents: A cross-sectional study in Hong Kong. The Lancet Regional Health - Western Pasific, 20(1), 1-11.

Zhou, N. Z., & Guangyu. (2020). Social Media Use and Mental Health during the COVID-19 Pandemic: Moderator Role of Disaster Stressor and Mediator Role of Negative Affect. Health and Well-Being, 12(4), 1019-1038.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Sari, M., Hidayah, N., Nursakinah, N., Fatmasari, E., & Bulan, B. (2024). Dampak Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 476–482. https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.25012