Pengaruh Model Problem Solving Berbantuan Pop Up Book Melalui Pemahaman Diri Terhadap Pemecahan Masalah Siswa Kelas 1 SD

Problem Solving, Pop Up Book, Pemahaman Diri, Pemecahan Masalah

Authors

  • Arshita Sari Devi Program Studi PGSD Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia
  • Lisa Virdinarti Putra Program Studi PGSD Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.25067

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model Problem Solving berbantuan Pop Up Book melalui pemahaman diri terhadap pemecahan masalah siswa kelas 1 SD.Penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kuantitatif  dengan jenis metode eksperimen dengan  Non Equivalent Control Group Design. Lokasi penelitian adalah SD N Ungaran 02. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas 1 SD N Ungaran 02. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas 1 A sebagai kelas eksperimen dan kelas 1 B sebagai kelas kontrol. Teknik dan intrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Independent Sample T-Tes dan Regresi Linear Sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran Problem Solving berbantuan Pop Up Book melalui pemahaman diri terhadap pemecahan masalah pada siswa. Perihal ini dibuktikan dengan hasil Uji Independent Sample T-Test dengan taraf nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,010 < 0,05 , (2) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Solving berbantuan Pop Up Book melalui pemahaman diri terhadap pemecahan masalah pada siswa. Perihal ini dibuktikan dengan hasil Uji Regresi Linear Sederhana dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,027 < 0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Solving berbantuan Pop Up Book melalui pemahaman diri berpengaruh terhadap pemecahan masalah siswa kelas 1 SD.

 

References

Artikel, I., & Masalah, L. B. (2020). Prosiding Seminar Nasional Sains Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-Mia Sma Swasta Kampus Telukdalam Kata kunci : 1(1), 103–116.

Indah Sylvia, N., & Hariani, S. (2015). Pengaruh Penggunaan Media POP-UP BOOK Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jpgsd, 03, 1196.

Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.

Program, D., & Pendidikan, S. (2016). MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PENDAHULUAN Kemajuan dan perkembangan IPTEK yang sangat pesat saat ini tidak lepas dari peran pendidikan sebagai salah satu tolak ukur berkembangnya suatu bangsa . Untuk menguasai IPTEK maka dibutuhkan penguasaan dalam b. 2, 179–188.

Suyadi, M. P. (2021). Implementasi Pop-Up Comic Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Sebagai Media Literasi. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 67. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9290

Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857

Widiawati, C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Teks Eksposisi Peserta Didik Kelas X MIPA 5 SMA Negeri …. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 19(2), 1–9. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/177%0Ahttps://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/download/177/147

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Devi, A. S., & Putra, L. V. (2024). Pengaruh Model Problem Solving Berbantuan Pop Up Book Melalui Pemahaman Diri Terhadap Pemecahan Masalah Siswa Kelas 1 SD: Problem Solving, Pop Up Book, Pemahaman Diri, Pemecahan Masalah. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 483–493. https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.25067