Pengaruh Model Picture And Picture Berbantuan Media Material Picture Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas II SD Negeri Lemahireng 01

Picture and Picture, Material Picture, Pemahaman Konsep

Authors

  • Ayu Fitriani Program Studi PGSD Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia
  • Lisa Virdinarti Putra Program Studi PGSD Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.26514

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Picture And Picture Berbantuan Media Material Picture Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Metode penelitian menggunakan eksperimen kuantitatif dengan desain Quasi Experimental (Non Equivalent Control Group Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri LemahIreng 01. Sampel penelitian adalah kelas IIA sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas IIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes melalui pretest dan posttest serta teknik non tes meliputi observasi, dokumentasi, wawancara tak berstruktur, dan angket. Analisis data dilakukan             menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan dalam penggunaan model pembelajaran Picture and Picture berbantuan media material picture terhadap pemahaman konsep antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dibuktikan dengan hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran  Picture and Picture berbantuan media material picture terhadap pemahaman konsep siswa, dengan hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa  penggunaan model pembelajaran Picture and Picture berbantuan media material picture terhadap pemahaman konsep siswa.

References

Akbar, R. F. 2017. “Analisis Pembelajaran Aktif dengan Pendekatan Collaborative Learning Pada Mata Kuliah Manajemen Pendidikan Di STAIN Kudus” dalam Journal of empirical research in Islamic education Vol 5, Nomor 2. Kudus: Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Kudus.

Agata, D. A., Riswanda, J., Chairunnissa, T., & Afriansyah, D. 2018. “Pemahaman Konsep”. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi Vol. 1, Nomor. 1 (halaman 86-89).

Adnyani, I. A. K. M., Wibawa, I. M. C., & Sudhita, I. W. R.2016. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa” dalam jurnal MIMBAR PGSD Undiksha, Vol 4, Nomor 1. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Aditia, M. T., & Muspiroh, N. 2013. “Pengembangan modul pembelajaran berbasis sains, lingkungan, teknologi, masyarakat dan Islam (Salingtemasis) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep ekosistem kelas X di SMA NU (Nadhatul Ulama) Lemahabang Kabupaten Cirebon” Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains Vol 2, Nomor 2 (halaman 127-148). Cirebon: Faculty of Education and Teacher Training IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Ashlihah, A., Mufidah, R. L., & Aditiya, Y. N. 2020. “Peningkatan Pemahaman Agama terhadap Santri TPQ melalui Media Belajar Picture and Picture” Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, Nomor 1 (halaman 38-41). Semarang: Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Cohen, M. S., Freeman, J. T., & Thompson, B. 1998. ”Critical thinking skills in tactical decision making: A model and a training strategy” In J. A. Cannon-Bowers & E. Salas (Eds.)” Making decisions under stress: Implications for individual and team training (pp. 155–189). American Psychological Association

Chen, W., Hendricks, K., & Zhu, W. 2013. “Development and validation of the basketball offensive game performance instrument” Journal of Teaching in Physical Education Vol 32, Issu 1, (Page Range 100-109).

Daryanti, D., & Taufina, T. 2020. “Penggunaan media pembelajaran dalam model picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa” dalam Jurnal Basicedu, Vol 4, Nomor 2 (halaman 484-490).

Jufri, W. N., & Prima, F. K. 2022. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Blended Learning Pada Era Revolusi 4.0” dalam Journal of Civil Engineering and Vocational Education Vol 9, Nomor 3 (halaman 340-347). Padang: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang.

Kharis, A. 2019. “Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui model pembelajaran picture and picture berbasis IT pada tematik” dalam Jurnal Mimbar PGSD Undiksha Vol 7, Nomor 3. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Lestari, F. P., & Ristontowi, R. 2021. “Kemampuan Konsep Matematika Siswa SMA Pada Model Discovery Learning dan Model Auditory Intellectually Repetition “Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 4, Nomor 1 (Halaman 46-54). Bengkulu: Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Murdiono, T., & Sutijan, H. 2016. “Penggunaan Model Picture and Picture Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Masalah social Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SD N Pajang IV Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015” dalam Jurnal Didaktika Dwija Indria Vol 4, Nomor 11. Surakarta: Universitas Sebelas Surakarta.

Maudsley, G., & Strivens, J. 2000. “Promoting professional knowledge, experiential learning and critical thinking for medical students” Journal Medical education Vol 34, Issu (Page Range 535-544).

Nasution, I. S., & Nasution, I. S. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Logis Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 064961 Medan” TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 1, Nomor 2 (halaman 106-113).

Nugraheni, A., Sartika, D. F., Winarni, A. S., & Utami, I. S. 2023. “Penerapan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SD” dalam .JURNAL MITRA SWARA GANESHA Vol 10, Nomor 1 (halaman 39-48). Surakarta: Jurusan PGSD FKIP UTP Surakarta.

Parwati, N. N., Parmiti, D. P., & Jampel, I. N. 2013. “Penerapan pembelajaran picture and picture berbantuan media kartu angka bergambar dapat meningkatkan perkembangan kognitif“dalam Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 1, Nomor 1. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Purwanto, N. 2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putra, T. G., Ristontowi, R., & Masri, M. 2023. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Model Discovery Learning Dan Model Team Assisted Individualization” RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, Nomor 2 (halaman 122-139). Bengkulu: Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Pierrefixe, S. C., & Bickelhaupt, F. M. 2007. “Aromaticity: molecular‐orbital picture of an intuitive concept” Chemistry–A European Journal, Vol 13, Issu 22 (Page Range 6321-6328).

Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. 2018. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa” JPsd Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 4, Nomor 1 (halaman 1-14). Klaten: Universitas Kristen Satya Wacana.

Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. 2018. “Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Himpunan: Study Kasus di SMP Negeri 1 Cibadak” Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education Vol 3, Nomor 2 (halaman 93-102). Banten: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Sulfemi, W. B., & Minati, H. 2018. “Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 SD Menggunakan Model Picture And Picture dan Media Gambar Seri” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Vol 4, Nomor 2 (halaman 228-242). Bogor: STKIP Muhammadiyah Bogor.

Sulfemi, W. B. 2016. “Hubungan persepsi peserta didik tentang kompetensi guru mata pelajaran sejarah dengan hasil belajar peserta didik mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Pamijahan Kabupaten Bogor” dalam Jurnal Fascho Vol 5, Nomor 2 (halaman 52-70). Bogor: STKIP Muhammadiyah Bogor.

SEPTIANI, M. D. N. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik (Studi Kuasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Pada Kelas X IPS Tahun Ajaran 2019/2020 MAN 1 Kota Tasikmalaya”dalam Journal Civics & Social Studies Vol 3, Nomor 2 (halaman 42-52). Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Suyatno.2004. Menjelajah Pembelajaran Inofatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.

Taulany, H., Putra, L. V., & Wibisono, I. S. 2020. “Media Tangram Geometri “Let’s Be Healthy” Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Geometri Anak Usia Dini” dalam Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 4, Nomor 2 (halaman 676). Semarang: Universitas Ngudi Waluyo.

Widianto, E. 2015. “Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Klasifikasi Menggunakan Metode Sq3r Dengan Media Gambar” dalam Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, Nomor 2. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Widyawati, W. Y. 2019. “Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Keterampilan Menulis Untuk Tingkat Universitas” KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra Vol 2, Nomor 2 (halaman 226-241). Jakarta: Unindra PGRI Jakarta.

Yuliani, K., & Saragih, S. 2015. “The Development of Learning Devices Based Guided Discovery Model to Improve Understanding Concept and Critical Thinking Mathematically Ability of Students at Islamic Junior High School of Medan” Journal of education and practice Vol 6, Issu 24 ( Page Range 116-128).

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Fitriani, A., & Putra, L. V. (2024). Pengaruh Model Picture And Picture Berbantuan Media Material Picture Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas II SD Negeri Lemahireng 01: Picture and Picture, Material Picture, Pemahaman Konsep. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 494–504. https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.26514