Analisis Validitas Intrumen Penerapan Strategi PACER Terhadap Keterampilan Membaca Skimming Mahasiswa PGSD STKIP Adzkia

Authors

  • Ade Irma Suryani STKIP Adzkia
  • Silfi Melindawati STKIP Adzkia Padang
  • Malfit Hendriani STKIP Adzkia Padang

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.2695

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan intrumen penerapan  strategi preview assess ahoose axpedite reeview (PACER) terhadapa keterampilan membaca skimming mahasiswa PGSD STKIP Adzkia. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif yaitu untuk mengetahui kelayakan instrumen pembelajaran yang dikembangkan. instrumen pembelajaran yang dikembangkan yaitu Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Satuan Acar Perkuliahan (SAP), dan Rubrik Keterampilan Membaca Skimming. Hasil validasi Instrumen RPS yaitu 3,73 dengan kriteria sangat valid, sedangkan hasil validasi instrumen SAP memperoleh skor 3,76 dengan kriteria sangat valid, dan hasil validasi instrumen Rubrik Keterampilan Membaca Skimming memperoleh skor 3,80 dengan kriteria dangat valid. Hasil analisis menunjukkan bahwa instrumen RPS, SAP, dan Lembar keterampilan Membaca Skimming telah dirancang memperoleh nilai sangat valid dan layak digunakan.

 

Kata Kunci : Analisis, Validitas, Strategi PACER, Membaca Skimming

 

Analysis of Instrument Validity of the Implementation of the PACER Strategy on Skimming Skimming Skills of STKIP Adzkia PGSD Students

 

This study aims to determine the feasibility level of the instrument implementation of the preview assessment strategy, assess ahoose axpedite review (PACER) on the skimming skills of students of PGSD STKIP Adzkia. The research method used is descriptive quantitative, namely to determine the feasibility of the learning instrument being developed. The learning instruments developed were Semester Learning Plans (RPS), Lecture Pickup Units (SAP), and Skimming Reading Skills Rubrics. The validation results of the RPS instrument were 3.73 with very valid criteria, while the results of the validation of the SAP instrument obtained a score of 3.76 with very valid criteria, and the results of the validation of the Skimming Reading Skills Rubric instrument were 3.80 with very valid criteria. The results of the analysis show that the RPS, SAP, and Skimming Reading Skills instruments have been designed to obtain very valid values and are suitable for use.

Key terms:  Analysis, Validity, PACER Strategy, Reading Skimming

 

Author Biography

Ade Irma Suryani, STKIP Adzkia

Dosen di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Adzkia Padang

References

DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. Jurnal Theorems (the Original Research of Mathematics), 2(1), 28–36.

Helda, T., & Ramadhanti, D. (2019). Analisis Dan Validasi Perangkat Pembelajaran Sintaksis Berbasis Problem Based Learning (Pbl) (Analysis and Validation of Syntax Learning Tool Based Onproblem Based Learning). Metalingua: Jurnal Penelitian Bahasa, 16(2), 285. https://doi.org/10.26499/metalingua.v16i2.212

Ihsan, H. (2015). Validitas Isi Alat Uukur Penelitian: Konsep Dan Panduan Penilaiannya. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(3), 173. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i3.6004

Madona, A. S., & Nora, Y. (2016). PENGEMBANGAN MODUL IPS BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Pelangi, 8(2), 221–228.

Prasrihamni, M. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Sekilas dengan Menggunakan strategi PACER di Kelas IV SD N 19 ATB Kota Padang. Universitas Negeri Padang.

Retnawati, H. (2016). Heri Retnawati 9 786021 547984.

Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65

Saputra & Handaka. (2017). Analisis Validitas Dan Reliabilitas Skala Perilaku Agresi. 2001, 260–268.

Soedarso. (2010). Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektiv. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Sulistyo. (2015). No Title空間åƒå†ç”Ÿåž‹ç«‹ä½“æ˜ åƒã® ç ”ç©¶å‹•å‘. NhkæŠ€ç ”, 151, 10–17.

Suryani, A. I. (2018). Pengembangan bahan ajar membaca sekilas berbasis know want learned kelas V sekolah dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 2(1), 9–19.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Suryani, A. I., Melindawati, S., & Hendriani, M. (2020). Analisis Validitas Intrumen Penerapan Strategi PACER Terhadap Keterampilan Membaca Skimming Mahasiswa PGSD STKIP Adzkia. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 146–154. https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.2695