Analisis Validitas Instrumen LKPD Menggunakan Model Problem Solving Pada Subtema 1 Materi PPKn di Kelas IV Sekolah Dasar

Ade Irma Suryani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya unsur-unsur atau komponen yang ada pada LKPD yang di gunakan oleh peserta didik, LKPD yang di gunakan kurang mengajak peserta didik pada pemecahan suatu masalah, LKPD yang di gunakan kurang menarik baik warna maupun tampilan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil pengembangan LKPD pada subtema 1 materi PPKn menggunakan model Problem Solving yang valid dari segi aspek RPP dan lembar validasi LKPD (untuk ahli  materi, ahli bahasa dan desain). Praktis dari segi aspek kemudahan dalam penggunaan, dan efektif dari keterampilan peserta didik memecahkan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4-D. Data penelitian ini adalah data deskriptif. Data tersebut diperoleh dari lembar angket analisis kurikulum, lembar validasi RPP, instrumen validitas, instrumen praktikalitas, dan hasil tes pengisian LKPD untuk efektivitas. Hasil penelitian ini adalah sebuah produk berupa LKPD menggunakan model Problem Solving pada subtema 1 materi PPKn di kelas IV Sekolah Dasar. Dari hasil analisis terhadap instrumen analisis kurikulum diperoleh 3,60 pada tahap define. Pada tahap pengembangan LKPD diperoleh dengan tingkat validitas rata-rata hasil validasi RPP 3,55 kelayakan isi 3,85 bahasa 3,57 dan tampilan 3,60. Dari hasil analisis terhadap instrumen validasi LKPD secara keseluruhan, maka LKPD yang dikembangkan berkategori sangat valid dengan tingkat kevalidan dengan skor 3,64.

 

 


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. Jurnal Theorems (the Original Research of Mathematics), 2(1), 28–36.

Helda, T., & Ramadhanti, D. (2019). Analisis Dan Validasi Perangkat Pembelajaran Sintaksis Berbasis Problem Based Learning (Pbl) (Analysis and Validation of Syntax Learning Tool Based Onproblem Based Learning). Metalingua: Jurnal Penelitian Bahasa, 16(2), 285. https://doi.org/10.26499/metalingua.v16i2.212

Ihsan, H. (2015). Validitas Isi Alat Uukur Penelitian: Konsep Dan Panduan Penilaiannya. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(3), 173. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i3.6004

Madona, A. S., & Nora, Y. (2016). PENGEMBANGAN MODUL IPS BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Pelangi, 8(2), 221–228.

Prasrihamni, M. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Sekilas dengan Menggunakan strategi PACER di Kelas IV SD N 19 ATB Kota Padang. Universitas Negeri Padang.

Retnawati, H. (2016). Heri Retnawati 9 786021 547984.

Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65

Saputra & Handaka. (2017). Analisis Validitas Dan Reliabilitas Skala Perilaku Agresi. 2001, 260–268.

Soedarso. (2010). Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektiv. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Suryani, A. I. (2018). Pengembangan bahan ajar membaca sekilas berbasis know want learned kelas V sekolah dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 2(1), 9–19.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Pengunjung DIDIKA