PROSES BELAJAR MENGAJAR SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KALIMANTAN BARAT
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.3044Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar tingkat sekolah dasar di Kalimantan Barat pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara semi terstruktur terhadap guru-guru di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis pola pembelajaran yang dilakukan oleh guru-guru di masa pandemi COVID-19 yaitu pembelajaran daring dan luring. Pertama kegiatan pembelajaran daring yang umumnya dilakukan oleh guru melalui aplikasi media sosial berupa WhatsApp. Kegiatan belajar dan mengajar dilakukan dengan cara mengirim teks, video, rekaman suara, dan power point, kepada siswa. Kedua kegiatan pembelajaran luring yang dilakukan oleh guru dengan memberikan tugas mingguan, pembelajaran secara berkelompok, dan pembelajaran dengan les. Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru selama proses kegiatan belajar dan mengajar di masa pandemi COVID 19 di antaranya adalah kurangnya ketersediaan perangkat pembelajaran daring, sumber daya manuasia (SDM) yang kurang mumpuni, dan sikap negatif baik itu berasal dari guru, siswa, maupun orang tuaReferences
Amrihani, dkk. (2020). Inovatif di tengah pandemi covid-19. IAIN Parepare Nusantara Press: Sulawesi Selatan.
BBC. (9 Juni 2020). COVID-19: kajian kasus di wuhan muncul sejak akhir agustus, china sebut hasil itu ‘sebagai hal yang konyo’, di akses pada 17 Oktober 2020, dari https://www.bbc.com/indonesia/dunia-52977852
Cahyani, A., Listiana, I.D., Larasati, S.P.D. (2020). Motivasi belajar siswa sma pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. IQ (Ilmu Al-qur;an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). 123—140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Dewi, A.F.D., (2020). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1). 55—61. https://edukatif.org/index.php/ edukatif/index
Dina, N.A.B. (2020). Respon orang tua terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1). 46—52. http://riset.unisma.ac.id/index.php/thufuli/article/download/6925/5647
Fadlilah, A.N. (2020). Strategi menghidupkan motivasi belajar anak usia dini selama pandemi covid-19 melalui publikasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1) 378—384. https://www.researchgate.net/publication/343966710Strategi_Menghidupkan_ Motivasi_Belajar_Anak_Usia_Dini_Selama_Pandemi_COVID-19_melalui_Publikasi
Fauzi, I., & Khusuma, I. (2020). Teachers’ elementary school in online learning of covid-19 pandemic condition. Jurnal Iqra’:Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1). 58-70. https://doi.org/10.25217/ji.v5i1.914.
Gusti, Sri, dkk. (2020). Pembelajaran dari di tengah pandemi covid-19. Yayasan Kita Menulis: Medan.
Hanafi, Halid. (2018). Profesionalisme guru dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran di sekolah. Deepublish: Yogyakarta.
Handayanim L. (2020). Peningkatan motivasi belajar ipa melalui model pembelajaran project based learning pada masa panedmi covid-19 bagi siswa smp negeri gunungsari. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(3). http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/pedagogy/index
Herianto. (2018). Thematic analsysis sebagai metode menganalisis data untuk penelitian kualitatif. Anuva, 2(3), 317—324. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/anuva
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban , M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19 . JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Jamaluddin, D.,Ratnasari, T., Gunawan, H., dan Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi, dan proyeksi. Karya Tulis Ilmiah, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunugn Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/
Kantor Berita Antara Kalbar. (28 Mei 2020). Disdik kalbar evaluasi proses belajar daring selama covid-19, diakses pada 10 oktober 2020, dari https://kalbar.antaranews. com/berita /420664/disdik-kalbar-evaluasi-proses-belajar-daring-selama-COVID-19.
Kompas.com. 2020. (3 Maret 2020). Fakta lengkap kasus pertama virus corona, di akses pada 17 Oktober 2020, dari https://nasional.kompas.com/read/2020/03/03/06314981/fakta-lengkap-kasus-pertama-virus-corona-di-indonesia?page=all
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri. (2020). Buku saku panduan penyesuaian penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran 2020/2021 dan tahun akademik 2020/20212 di masa pandemi corona virus disease 2019. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Muhyidin, (2020). COVID-19, new normal dan perencanaan pembangunan di indonesia. The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2) 240—252. https://journal.bappenas.go.id/index.php/jpp/article/view/118
Naziah, S.T., Maula, L.H., dan Sutrisna, A. (2020) Analisis keaktifan belajar siswa selama pembelajaran daring pada masa covid-19 di sekolah dasar. Jurnal JPSD, 7(2): 109—120. http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/17327/pdf_64.
Pangondian, A.P., Santosa, P.I., Nugroho, E (2019). Faktor-faktor yang memengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. Sainteks: 56—60. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html
Pohan, Albert Efendi. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. CV Samu Untung: Jawa Tengah.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C.C., Putri, R.S., (2020). Studi ekspolratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCounsJournal: 2(1).1—12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Rasmitadila, Aliyyah, R.,R., Rachamdtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, A., Syaodih, E., Nurtanto. M., dan Tambunan, A.,R.,S., (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the covid-19 pandemic period: a case study in indonesia. Journal of Ethnic Cultural Studies, 7 (2): 90—109. http://dx.doi.org/10.29333/ejecs/388
Rukin. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasann Ahmar Cendikia Indonesia: Sulawesi Selatan.
Suara Kalbar. (15 Meret 2020). Sutarmidji: sekolah diliburkan dan masyarakat silahkan berangkat tapi jangan datang lagi ke kalbar. Diakses Pada 10 Oktober 2020, dari https://www.suarakalbar.co.id/2020/03/sutarmidji-sekolah-diliburkan-plbn-dan.html
Sudarsana, I Ketut, dkk. (2020). COVID-19 persepektif pendidikan. Yayasan Kita Menulis: Medan.
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).
Suryaningsih, A. (2020). Peningkatan motivasi belajar siswa secara online pada pelajaran animas 2d melalui strategi komunikasi persuasif. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/download/143/ 170/
Suwartono. (2014). Dasar-dasar metodologi penelitian. CV Andi Offset: Yogyakarta.
Tarjo.(2019). Metode penelitian. Deepublish: Yogyakarta.
UNICEF, WHO, IFRC. (2020). Key messages and actions for covid-19 prevention and control in schools.
Widaningsih, Ida. (2019). Strategi dan inovasi pembelajaran bahasa indonesia di era revolusi industri 4.0. Uais Inspirasi Indonesia: Jawa Timur.
Yuliani, Meda, dkk. (2020). Pembelajaran daring untuk pendidikan: Teori dan penerapan. Yayasan Kita Menulis: Medan.
Zulkifli, dkk. (2020). Berkarya bersama di tengah covid-19. Nusantara Press: Sulawesi Selatan.