PROSES BELAJAR MENGAJAR SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KALIMANTAN BARAT
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amrihani, dkk. (2020). Inovatif di tengah pandemi covid-19. IAIN Parepare Nusantara Press: Sulawesi Selatan.
BBC. (9 Juni 2020). COVID-19: kajian kasus di wuhan muncul sejak akhir agustus, china sebut hasil itu ‘sebagai hal yang konyo’, di akses pada 17 Oktober 2020, dari https://www.bbc.com/indonesia/dunia-52977852
Cahyani, A., Listiana, I.D., Larasati, S.P.D. (2020). Motivasi belajar siswa sma pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. IQ (Ilmu Al-qur;an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). 123—140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Dewi, A.F.D., (2020). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1). 55—61. https://edukatif.org/index.php/ edukatif/index
Dina, N.A.B. (2020). Respon orang tua terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1). 46—52. http://riset.unisma.ac.id/index.php/thufuli/article/download/6925/5647
Fadlilah, A.N. (2020). Strategi menghidupkan motivasi belajar anak usia dini selama pandemi covid-19 melalui publikasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1) 378—384. https://www.researchgate.net/publication/343966710Strategi_Menghidupkan_ Motivasi_Belajar_Anak_Usia_Dini_Selama_Pandemi_COVID-19_melalui_Publikasi
Fauzi, I., & Khusuma, I. (2020). Teachers’ elementary school in online learning of covid-19 pandemic condition. Jurnal Iqra’:Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1). 58-70. https://doi.org/10.25217/ji.v5i1.914.
Gusti, Sri, dkk. (2020). Pembelajaran dari di tengah pandemi covid-19. Yayasan Kita Menulis: Medan.
Hanafi, Halid. (2018). Profesionalisme guru dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran di sekolah. Deepublish: Yogyakarta.
Handayanim L. (2020). Peningkatan motivasi belajar ipa melalui model pembelajaran project based learning pada masa panedmi covid-19 bagi siswa smp negeri gunungsari. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(3). http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/pedagogy/index
Herianto. (2018). Thematic analsysis sebagai metode menganalisis data untuk penelitian kualitatif. Anuva, 2(3), 317—324. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/anuva
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban , M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19 . JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Jamaluddin, D.,Ratnasari, T., Gunawan, H., dan Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi, dan proyeksi. Karya Tulis Ilmiah, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunugn Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/
Kantor Berita Antara Kalbar. (28 Mei 2020). Disdik kalbar evaluasi proses belajar daring selama covid-19, diakses pada 10 oktober 2020, dari https://kalbar.antaranews. com/berita /420664/disdik-kalbar-evaluasi-proses-belajar-daring-selama-COVID-19.
Kompas.com. 2020. (3 Maret 2020). Fakta lengkap kasus pertama virus corona, di akses pada 17 Oktober 2020, dari https://nasional.kompas.com/read/2020/03/03/06314981/fakta-lengkap-kasus-pertama-virus-corona-di-indonesia?page=all
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri. (2020). Buku saku panduan penyesuaian penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran 2020/2021 dan tahun akademik 2020/20212 di masa pandemi corona virus disease 2019. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Muhyidin, (2020). COVID-19, new normal dan perencanaan pembangunan di indonesia. The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2) 240—252. https://journal.bappenas.go.id/index.php/jpp/article/view/118
Naziah, S.T., Maula, L.H., dan Sutrisna, A. (2020) Analisis keaktifan belajar siswa selama pembelajaran daring pada masa covid-19 di sekolah dasar. Jurnal JPSD, 7(2): 109—120. http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/17327/pdf_64.
Pangondian, A.P., Santosa, P.I., Nugroho, E (2019). Faktor-faktor yang memengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. Sainteks: 56—60. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html
Pohan, Albert Efendi. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. CV Samu Untung: Jawa Tengah.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C.C., Putri, R.S., (2020). Studi ekspolratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCounsJournal: 2(1).1—12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Rasmitadila, Aliyyah, R.,R., Rachamdtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, A., Syaodih, E., Nurtanto. M., dan Tambunan, A.,R.,S., (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the covid-19 pandemic period: a case study in indonesia. Journal of Ethnic Cultural Studies, 7 (2): 90—109. http://dx.doi.org/10.29333/ejecs/388
Rukin. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasann Ahmar Cendikia Indonesia: Sulawesi Selatan.
Suara Kalbar. (15 Meret 2020). Sutarmidji: sekolah diliburkan dan masyarakat silahkan berangkat tapi jangan datang lagi ke kalbar. Diakses Pada 10 Oktober 2020, dari https://www.suarakalbar.co.id/2020/03/sutarmidji-sekolah-diliburkan-plbn-dan.html
Sudarsana, I Ketut, dkk. (2020). COVID-19 persepektif pendidikan. Yayasan Kita Menulis: Medan.
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).
Suryaningsih, A. (2020). Peningkatan motivasi belajar siswa secara online pada pelajaran animas 2d melalui strategi komunikasi persuasif. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/download/143/ 170/
Suwartono. (2014). Dasar-dasar metodologi penelitian. CV Andi Offset: Yogyakarta.
Tarjo.(2019). Metode penelitian. Deepublish: Yogyakarta.
UNICEF, WHO, IFRC. (2020). Key messages and actions for covid-19 prevention and control in schools.
Widaningsih, Ida. (2019). Strategi dan inovasi pembelajaran bahasa indonesia di era revolusi industri 4.0. Uais Inspirasi Indonesia: Jawa Timur.
Yuliani, Meda, dkk. (2020). Pembelajaran daring untuk pendidikan: Teori dan penerapan. Yayasan Kita Menulis: Medan.
Zulkifli, dkk. (2020). Berkarya bersama di tengah covid-19. Nusantara Press: Sulawesi Selatan.
DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.3044
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Pengunjung DIDIKA