Telaah Butir Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Pontianak Selatan

Authors

  • Wiji Anisa Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Hery Kresnadi Program Studi PGSD FKIP Untan Pontianak
  • Suparjan Suparjan Program Studi PGSD FKIP Untan Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4154

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal penilaian akhir semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 Kelas IV SDN 03 Pontianak Selatan dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektifitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif berbantuan Microsoft Excel 2010. Subjek penelitian adalah butir soal dari lima tema. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi untuk memperoleh butir soal, kunci jawaban, lembar jawaban. Hasil penelitian kualitas butir soal Penilaian Akhir Semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Pontianak Selatan memiliki kualitas butir soal sedang, karena: (1) Validitas butir soal pada tema 1-5 termasuk dalam kategori valid artinya butir soal berkualitas baik dari segi validitasnya. (2) Reliabilitas butir soal tema 1-5 memiliki reliabitas yang tinggi artinya butir soal berkualitas baik dari segi reliabilitasnya. (3) Tingkat kesukaran butir soal pada tema 1-5 tergolong mudah artinya butir soal belum berkualitas baik. (4) Daya pembeda butir soal pada tema 1-5 tergolong kategori jelek artinya butir soal belum berkualitas baik. (5) Efektifitas pengecoh butir soal pada tema 1-5 termasuk kategori cukup artinya butir soal berkualitas sedang. Penelitian ini bermanfaat bagi guru sebagai bahan refleksi untuk membuat soal yang baik.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Anisa, W., Kresnadi, H., & Suparjan, S. (2021). Telaah Butir Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Pontianak Selatan. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 313–330. https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4154