Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Teori Belajar Jerome S.Brunerkelas V Madrasah Ibtidaiyah Unwanul Falah NW Paok Lombok
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v3i2.679Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Teori Belajar Jerome S.Bruner di Madarasah Ibtidaiyah Unwanul Falah NW Paok Lombok Tahun Pembelajaran 2016/2017. Subyek penelitian ini sebanyak 18 peserta didik yang terdiri dari 12 laki-laki dan 6 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan Thiagarajan yang disederhanakan menjadi 3 tahap yaitu tahan pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrument pengumpulan data meliputi tes dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Bahan ajar yang sudah di validasi dengan rata-rata ahli tampilan 3 dengan katagori cukup, ahli teori 3,55 dengan katagori baik, ahli bahasa 4 dengan katagori baik, dan ahli teori 4,27 dengan katagori sangat baik. 2) Hasil pretes peserta didik diperoleh nilai rata-rata 43,88, dengan persentase ketuntasan 16,66 %, sedangkan hasil postes diperoleh rata-rata nilai peserta didik 78,58 dengan persentase ketuntasan 82,35 %. 3) Respon peserta didik terhadap bahan ajar IPS berbasis komparasi teori belajar Bruner dikatakan tinggi yaitu dengan rata-rata persentase keseluruhan 53,52 (56,72 > X > 53,52)
dengan kategori merespon. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar IPS
Berbasis Teori Belajar Jerome S.Bruner layak digunakan di MI Unwanul Falah NW
Paok Lombok.
Kata Kunci: Pengembangan, bahan ajar IPS, teori belajar bruner