Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Mendesain Jaringan Lokal/LAN Kelas X TKJ

Deviana Mapicayanti, Jamal Udin, Ahmad Fathoni

Abstract


Tutorial Pada Materi Mendesain Jaringan Lokal/LAN Pada Siswa Kelas X TKJ di SMKN 1 Sakra, (2) besar tingkat kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model pengembangan ADDIE, yaitu (1) Analisys, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Instrumen penilaian media pembelajaran berbasis video tutorial berupa angket skala 5. Sumber data penelitian adalah 2 ahli media, 2 ahli materi, dan 33 siswa jurusan TKJ. Hasil penelitian ini adalah Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Materi Mendesain Jaringan Lokal/LAN Pada Siswa Kelas X TKJ di SMKN 1 Sakra, dengan tampilan berupa intro, halaman menu, halaman profil, halaman KI/KD, 2 halaman submenu materi yaitu teori dan video, halaman materi pokok, halaman tujuan pembelajaran, dan halaman kuis. Hasil uji kelayakan Ahli Media ditinjau dari 2 aspek termasuk ke dalam kategori Sangat Layak (87%). Dan hasil uji dari Ahli Materi masuk ke dalam kategori Sangat Layak (95%). Berdasarkan respon pemakaian media oleh 33 siswa kelas X jurusan TKJ masuk dalam kategori Sangat Layak (83%).


Keywords


Jaringan LAN; ADDIE

Full Text:

PDF

References


Anitah, S. 2012. Media pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2013. Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2014. Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Manajemen penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2011. Media pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Binanto, I. 2010. Multimedia digital: Dasar teori dan pengembangannya. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Daryanto. 2013. Media pembelajaran, peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Khanifatul. 2013. Pembelajaran inovatif, strategi mengelola kelas secara efektif dan menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyatiningsih, E. 2013. Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nurtantio, P., & Syarif, A M. 2013. Kreasikan animasimu dengan Adobe Flash dalam membuat sistem multimedia interaktif. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Rusman. 2012. Belajar dan pembelajaran berbasis komputer, mengembangkan profesionalisme guru abad 21. Bandung: Alfabeta.

Saefuddin, A., & Berdiati, I. 2015. Pembelajaran efektif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. 2012. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiawan, B. 2008. Agenda pendidikan nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suwanda. 2011. Desain eksperimen untuk penelitian ilmiah. Bandung: Alfabeta.

Warsita, B. 2008. Teknologi pembelajaran, landasan dan aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Widoyoko, E. P. 2016. Evaluasi program pembelajaran, panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.29408/edumatic.v2i2.913

Article Metrics

Abstract view : 6 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statistic Pengunjung EDUMATIC

 

 Creative Commons License

EDUMATIC is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.