Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Elemen?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

  1. Jurnal Elemen menerima artikel hasil penelitian dan kajian analitis kritis dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Naskah diketik dengan program Ms. Word, huruf Times New Roman, font size 12, menggunakan kertas A4 dengan batas atas 2,5 cm; batas bawah 2,5 cm; batas kiri 2,5 cm; dan batas kanan 2,5 cm.
  2. Naskah dikirim dalam bentuk softcopy ke email: jurnalelemen@gmail.com, dikirim paling lambat 2 bulan sebelum penerbitan atau diupload langsung di http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/.
  3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Jarak antar baris 1,5 spasi. Tiap awal paragraf menjorok ke kanan sekitar 5 ketukan.
  4. Sistematika artikel hasil penelitian: JUDUL, Identitas Penulis (Nama, Instansi, dan Email), ABSTRAK disertai Kata Kunci, PENDAHULUAN, METODE, HASIL DAN PEMBAHASAN, SIMPULAN, dan DAFTAR PUSTAKA.
  5. JUDUL ARTIKEL tidak lebih dari 14 kata, diketik dengan huruf kapital di tengah-tengah (center), mengunakan Times New Roman dengan ukuran huruf 14 pt, dan ditulis tebal (bold).
  6. Identitas Penulis: nama tanpa gelar akademik (jika penulis lebih dari satu, maka semua nama penulis dicantumkan beserta instansi asal dari masing-masing penulis) menggunakan Times New Roman dengan ukuran huruf 12 pt, dan ditulis tebal (bold). Sedangkan email yang dicantumkan hanya email penulis pertama.
  7. ABSTRAK ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris menggunakan 1 spasi disertai dengan 3-5 kata atau frasa Kata Kunci, menggunakan Times New Roman dengan ukuran huruf 11 pt. Panjang abstrak Bahasa Indonesia maksimal 150 kata (abstrak Bahasa Inggris menyesuaikan). Abstrak ditulis dalam satu paragraf yang memuat tujuan, metode, dan hasil penelitian.
  8. PENDAHULUAN berisi latar belakang, tujuan penelitian, dan kajian pustaka. Semua bagian pada pendahuluan ini dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf.
  9. METODE berisi rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.
  10. HASIL DAN PEMBAHASAN berisi paparan hasil penelitian disertai dengan pembahasan mengenai hasil penelitian tersebut.
  11. SIMPULAN berisi temuan penelitian dalam menjawab pertanyaan penelitian dan dibuat dalam bentuk paragraf.
  12. DAFTAR PUSTAKA memuat pustaka-pustaka yang dirujuk dalam artikel dan semua sumber yang dikutip (kutipan langsung maupun tidak langsung) diurutkan berdasarkan  alfabet. Pustaka yang digunakan berupa pustaka 10 tahun terakhir. Penulisan daftar pustaka mengikuti aturan APA Style, seperti contoh berikut:

Buku (satu penulis)
McKibben, B. (1992). The age of missing information. New York: Random House.


Buku (banyak penulis)
Larson, G. W., Ellis, D. C.,& Rivers, P. C. (1984). Essentials of chemical dependency counseling. New York: Columbia University Press.

Buku kumpulan artikel
Cobb, P. & Gravemeijer, K. (2006). Design Research from a Learning Design Perspective. Dalam Akker, Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (Eds.), Educational Design Research (hal 17-51). New York: Routledge.

Artikel dalam Jurnal
Ahyan, S., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2014). Developing Mathematics Problems Based on PISA Level. IndoMS-Journal on Mathematics Education, 5 (1): 47–56.

Artikel di Surat Kabar
Puspitarini, M. (8 Juni 2012). Budaya & Pendidikan Tentukan Kemajuan Negara. Okezone, hal. 3.

Artikel di Surat Kabar (tanpa nama penulis)
Kompas. (30 Januari 2011). Indonesia Peringkat 10 besar terbawah dari 65 Negara Peserta PISA, hal 4 & 11.

Dokumen Resmi
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 tentang Pendidikan Tinggi. (2012). Jakarta: Kemdikbud.

Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian
Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Disertasi tidak dipublikasikan, Enschede, University of Twente.

Internet
OECD. (2010). PISA Results: What Makes a School Successful? (online), (http://www.oecd.org/dataoecd/11/16/48852721.pdf.), diakses 26 Maret 2012.

13. Pengutipan, tabel, dan gambar mengikuti aturan APA Style.

14. Semua sesuatu yang terkait dengan perizinan pengutipan atau yang lainnya yang terkait dengan HaKI yang dilakukan oleh penulis, termasuk konsekuensi hukum yang mungkin muncul karenya, adalah menjadi tanggung jawab penuh penulis.

 

Copyright Notice

Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis.

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain dan diberikan kepada pihak lain.