PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HTS (HANG OF THE SCRAMBLE) PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS III SDN 03 SAMBELIA

Authors

  • Aswasulasikin Aswasulasikin Universitas Hamzanwadi
  • Husni Zuhriati Nur Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v4i2.1200

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran HTS (Hang of The Scramble) yang valid dan efektif pada mata pelajaran IPA siswa kelas III SDN 03 Sambelia tahun pelajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini metode yang digunakan mengacu pada prosedur pengembangan dari Borg and Gall dengan lima tahap yang disederhanakan yaitu analisis, desain, produksi, uji coba produk, dan revisi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 03 Sambelia sebanyak 25 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrument pengumpulan data meliputi vaildasi tim ahli, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus skala lima untuk validasi media pembelajaran. Berdasarkan hasil perhitungan data akhir validasi tim ahli menunjukkan bahwa “produk layak digunakan untuk mengambil data dengan revisi sesuai saran†Dengan perolehan nilai rata-rata dari ahli media 3,17 dan ahli materi
3,85. Respon siswa terhadap media pembelajaran HTS (Hang of The Scramble)
mencapai 95% dengan kategori sangat merespon. Sementara hasil penelitian uji coba lapangan diiproleh nilai rata-rata siswa 75 dengan persentase ketuntasan 72%. Oleh karena itu, pengembengan media pembelajaran HTS (Hang of The Scramble) dapat dikatakan valid dan efektif digunakan pada mata pelajaran IPA siswa kelas III SDN 03 Sambelia tahun pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: metode pembelajaran scramble, media pembelajaran HTS (Hang of
The Scramble).

 

Downloads

Published

2018-06-29

How to Cite

Aswasulasikin, A., & Nur, H. Z. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HTS (HANG OF THE SCRAMBLE) PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS III SDN 03 SAMBELIA. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 50–57. https://doi.org/10.29408/didika.v4i2.1200

Most read articles by the same author(s)