PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v4i2.1203Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif
matematika kelas II Sekolah Dasar dan untuk mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran interaktif matematika pokok bahasan Bangun Datar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 6 tahapan yang disederhanakan yaitu analisis kebutuhan, desain, pembuatan prototype media, uji coba kelompok kecil, revisi media, uji coba lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar yaitu SDI NW Baturente. Uji coba lapangan dilaksanakan di SDI NW Baturente dengan 26 siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data meliputi tes, lembar validasi dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan hasil belajar siswa meningkat dibandingkan sebelum menggunakan media pembelajaran interaktif IPA dalam pembelajaran untuk siswa SDN kelas IV termasuk dalam kategori baik, dengan rata-rata ketuntasan 81,53. Respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif IPA dikatakan baik setelah diberikan angket respon kepada 26 orang responden. Ketuntasan klasikal sebanyak 95,7% SDI NW Baturente.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif IPA