Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dalam Materi Pecahan Menggunakan Metode Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar

Dita Mulyana Ramadhani, Abrar Abira, Irmawati M

Abstract


Abstrak
Latar belakang penelitian ini ialah sebab rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 35 Panggalo. Perihal ini sebab metode pembelajaran yang dilakukan masih kurang variatif. Tujuan Penelitian ini ialah guna mempertinggi hasil belajar siswa memanfaatkan metode Problem Based Learning (PBL) di SD Negeri 35 Panggalo. Peneliti mendesain pada dua
siklus. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskiptif atau penelitian tindakan kelas (PTK). Akibat penelitian pada siklus I, dielaborasikan lantas ditafsirkan kemudian disimbolkan guna menemukan usaha penyempurnaan pada siklus II. Informasi yang berupa jawaban evaluasi keterampilan siswa dalam memahami pecahan dikonseptualisasikan melalui kaidah eksplanasi lalu mencocokkan kualitas tes pada metode penalaran siklus I, kemudian berlanjut ke siklusII. Standar ketuntasan yang harus diraih siswa pada siklus II, yaitu
adalah minor 80% siswa dinamis yang mendapatkan nilai di atas KKM yakni 64. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) perihal kegiatan siswa sepanjang menempuh pembelajaran, didapatkan data bahwa keberhasilan pada syarat mula sebesar 12%, kemudian siklus I sebanyak 53%, selanjutnya pada siklus II sebesar 88%. Data hasil penelitian memperlihatkan bahwa observasi yang telah dilaksanakan mulai dari keadaan mula hingga ujung siklus II menyatakan bahwa terdapat kenaikan baik dari tujuan aktivitas ataupun kecakapan siswa. Berdasar hasil observasi Tindakan Kelas tersebut, bisa ditarik kesimpulan bahwa penalaran Problem Based Learning (PBL) mampu menaikkan hasil belajar matematika siswa SD Negeri 35 Panggalo kelas V pada
materi pecahan.
Kata kunci: Matematika, Hasil Belajar, PBL


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abidin. (2014). Keunggulan Problem Based Learning. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Abira, A., Suyitno, H., & Latiana, L. (2020). The Effectiveness of Problem-Based Learning At

Primary Schools Toward The Mathematics Literacy Skills Reviewed From The Learning

Styles And Genders. Educational Management, 9(2), 258-267.

Ahmar, H., Budi, P., Ahmad, M., Mushawwir, A., & Khaidir, Z. (2020). Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based Learning: Literature Review. Jurnal Keperawatan

Muhammadiyah, 5(2).

Anitah, Sri, dkk. (2021). Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Penerbit Universitas

Terbuka.

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam

Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of

Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary

Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9-18.

Aris, Shoimin. (2017). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: ARruz media.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk

meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, 7(1), 40-47.

Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan model pembelajaran

problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah

matematika siswa kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Hudaya, Herman. (2021). Strategi Mengajar belajar matematika. Bandung: IKIP Bandung.

Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah

matematika melalui penerapan problem based learning untuk siswa kelas V SD. Satya

Widya, 30(1), 17-27.

Madhavi, dkk. (2019). Jelajah Matematika. Bogor: Yudhistira.

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model

pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan

keterampilan abad 21?. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48-55.

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan

model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas

SD. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13-27.

Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model

Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based

Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379-388.

Saputra, H. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Jurnal

Pendidikan Inovatif, 5, 1-7.

Suryanto, dkk. (2021). Evaluasi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.15166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.