Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dalam Materi Pecahan Menggunakan Metode Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.15166Abstract
Abstrak
Latar belakang penelitian ini ialah sebab rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 35 Panggalo. Perihal ini sebab metode pembelajaran yang dilakukan masih kurang variatif. Tujuan Penelitian ini ialah guna mempertinggi hasil belajar siswa memanfaatkan metode Problem Based Learning (PBL) di SD Negeri 35 Panggalo. Peneliti mendesain pada dua
siklus. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskiptif atau penelitian tindakan kelas (PTK). Akibat penelitian pada siklus I, dielaborasikan lantas ditafsirkan kemudian disimbolkan guna menemukan usaha penyempurnaan pada siklus II. Informasi yang berupa jawaban evaluasi keterampilan siswa dalam memahami pecahan dikonseptualisasikan melalui kaidah eksplanasi lalu mencocokkan kualitas tes pada metode penalaran siklus I, kemudian berlanjut ke siklusII. Standar ketuntasan yang harus diraih siswa pada siklus II, yaitu
adalah minor 80% siswa dinamis yang mendapatkan nilai di atas KKM yakni 64. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) perihal kegiatan siswa sepanjang menempuh pembelajaran, didapatkan data bahwa keberhasilan pada syarat mula sebesar 12%, kemudian siklus I sebanyak 53%, selanjutnya pada siklus II sebesar 88%. Data hasil penelitian memperlihatkan bahwa observasi yang telah dilaksanakan mulai dari keadaan mula hingga ujung siklus II menyatakan bahwa terdapat kenaikan baik dari tujuan aktivitas ataupun kecakapan siswa. Berdasar hasil observasi Tindakan Kelas tersebut, bisa ditarik kesimpulan bahwa penalaran Problem Based Learning (PBL) mampu menaikkan hasil belajar matematika siswa SD Negeri 35 Panggalo kelas V pada
materi pecahan.
Kata kunci: Matematika, Hasil Belajar, PBL
References
DAFTAR PUSTAKA
Abidin. (2014). Keunggulan Problem Based Learning. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Abira, A., Suyitno, H., & Latiana, L. (2020). The Effectiveness of Problem-Based Learning At
Primary Schools Toward The Mathematics Literacy Skills Reviewed From The Learning
Styles And Genders. Educational Management, 9(2), 258-267.
Ahmar, H., Budi, P., Ahmad, M., Mushawwir, A., & Khaidir, Z. (2020). Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based Learning: Literature Review. Jurnal Keperawatan
Muhammadiyah, 5(2).
Anitah, Sri, dkk. (2021). Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Penerbit Universitas
Terbuka.
Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam
Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of
Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary
Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9-18.
Aris, Shoimin. (2017). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: ARruz media.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk
meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, 7(1), 40-47.
Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan model pembelajaran
problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).
Hudaya, Herman. (2021). Strategi Mengajar belajar matematika. Bandung: IKIP Bandung.
Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah
matematika melalui penerapan problem based learning untuk siswa kelas V SD. Satya
Widya, 30(1), 17-27.
Madhavi, dkk. (2019). Jelajah Matematika. Bogor: Yudhistira.
Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model
pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan
keterampilan abad 21?. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48-55.
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan
model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas
SD. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13-27.
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model
Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based
Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379-388.
Saputra, H. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Jurnal
Pendidikan Inovatif, 5, 1-7.
Suryanto, dkk. (2021). Evaluasi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka