Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7384

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran discovery learning berbasis alat peraga memberi pengaruh terhadap hasil belajar siswa di SD. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental. Dimana satu kelas dijadikan sebagai kelas penerapan dalam menerapkan model pembelajaran discovery learning berbasis alat peraga. One Group Pretest-posstest Design merupakan desain dari penelitian ini. Siswa kelas V A SD Inpres Minasa Upa I Kota Makassar merupakan populasi dari penelitian ini. Siswa tersebut berjumlah 18 orang adalah sampel dari penelitian dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Tes hasil belajar siswa digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dan merupakan alat pengumpulan data dalam penelitian ini. Ada dua analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Dari hasil analisis deskripstif hasil belajar siswa sebelum penerapan dan setelah penerapan terdapat perbedaan yang sangat signifikan yaitu hasil belajar siswa meningkat pada saat penerapan. Berdasarkan hasil uji z Wilcoxon diperoleh hasil bahwa  -3,240 (tanda negatif diabaikan)  = 1,645 dengan demikian model pembelajaran discovery learning berbasis alat peraga memberi pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Adapun hasil sig diperoleh 0,001 karena diuji 2 sisi sehingga signifikasinya menjadi 0,001/2 = 0,0005. Disini dapat disimpulkan bahwa 0,0005 0,05 maka model pembelajaran discovery learning berbasis alat peraga memberi pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Author Biography

Irmawati M, Universitas Sulawesi Barat

Pendidikan guru sekolah dasar Universitas Sulawesi Barat

References

Ali, M., Desty Setiani, D. (2018). (2018) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Jamur. The Influence of of Model Discovery Learning Learning Outcomes of Students Against On Mushroom Concepts. Bioedusiana 3 (2). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/index

Kadri, M., & Rahmawati, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 1(1).

Khotimah, S. H., Risan. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. (Vol. 3, Issue 1).

M, I., Rukli, R., & Baharullah, B. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Discovery Learning berbasis GRANDER di Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 127–139. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.147

Mustikaningrum, G., & Mediatati, N. (2021). Application of The Discovery Learning Model Assisted by Google Meet to Improve Students’ Critical Thinking Skills and Science Learning Outcomes. International Journal of Elementary Education, 5(1), 30–38. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Rahman, M.H. (2017). Using Discovery Learning to Encourage Creative Thinking. International Journal of Social Sciences & Educational Studies. Vol.4, No.2. https://doi.org/10.23918/ijsses.v4i2sip98

Sani, R. A., Manurung, S. R., Suswanto, H., Sudiran. (2018). Penelitian Pendidikan. Tangerang: Tira Smart.

Wilayah, K. X., Yusuf, I., & Wahyu Widyaningsih, S. (2018). Penerapan Model PBL Menggunakan Alat Peraga Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. 1. https://doi.org/10.22216/jcc.v3i1.2100

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

M, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 148–155. https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7384