Pengaruh Pemanfaatan Alam Sekitar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SD

Authors

  • Muti a Erna Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Epe Agung Pribadi Fitra SD Negeri 2 Kelayu Utara

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.15865

Abstract

Lingkungan alam merupakan salah satu ciri khas yang dikembangkan di sekolah dengan sesuai kebjikan Kementrian Pendidikan Nasional dan Kemendikbud. Oleh karena itu, Materi yang mendasari dengan lingkungan dan tanggung jawab adalah termasuk dalam kurikulum dan disajikan dalam komponen bahan pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan disiplin ilmu. Sering diasumsikan bahwa pembelajaran terjadi di dalam kelas Hal-hal yang membosankan, itulah salah satu penyebab rendahnya hasil belajar motivasi dan rendahnya hasil motivasi untuk siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menggunakan lingkungan alam mendukung peningkatan hasil belajar siswa. dengan harapan dapat lebih mensyukuri anugerah Tuhan kepada alam semesta ini serta kepedulian daan kepekaan siswa dalam menjaga lingkungan sekitarnya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar belajar siswa, dengan siswa lebih inovatif, kreatif, dan produktif untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dan hasil belajar siswa digunakan untuk menjaga lingkungan sekitarnya. Metode literature review digunakan dalam penelitian ini dengan berbagai sumber yang terfokus pada pengetahuan siswa tentang lingkungannya dalam mempelajari ilmu-ilmu alam. Hasil dari penelitian ini adalah Pengaruh Pemanfaatan Alam Sekitar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sebagai media penunjang memegang peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar, terbukti siswa lebih banyak memahami materi secara nyata dan memaksimalkan hasil belajar.

Author Biography

Muti a Erna, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Mahasiswa

Downloads

Published

2024-06-30 — Updated on 2025-01-03

Versions

How to Cite

Erna, M. a, & Fitra, E. A. P. (2025). Pengaruh Pemanfaatan Alam Sekitar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SD. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 699–712. https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.15865 (Original work published June 30, 2024)