Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Kelas III di SD Negeri Wonoyoso

Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Video Animasi.

Authors

  • Nurul Uswatun Khasanah Program Studi PGSD Universitas Ngudi waluyo, Indonesia
  • Zulmi Roestika Rini Program Studi PGSD Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia
  • Epe Agung Pribadi Fitra SDN 2 Kelayu Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.25195

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Metode penelitian menggunakan eksperimen kuantitatif dengan desain Quasi Experimental (Non Equivalent Control Group Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Wonoyoso. Sampel penelitian adalah kelas IIIA sebagai kelas kontrol sedangkan kelas IIIB sebagai kelas Eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes melalui pretest dan posttest serta teknik non tes meliputi observasi, dokumentasi, wawancara tak berstruktur, dan angket. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan dalam penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemahaman konsep antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dibuktikan dengan hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, dengan hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan video animasi berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa.

Kata kunci: Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Video Animasi.

References

Asiah, N., Shawmi, A. N., Megantara, S., & Wibowo, D. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas V pada Pembelajaran Tematik Terpadu di SD/MI. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Dasar, 8(1), 9-18.

Adetya, O., & Desyandri, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2), 1-13.

Afifah, A. N., & Gunawan, R. (2022). Pengaruh Video Based Learning terhadap Pengetahuan Konseptual Siswa pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas II SDN Cilangkap 01 Pagi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2405-2416.

Dewi, T. A., & Wardani, N. S. (2019). Peningkatan hasil belajar tematik melalui pendekatan problem based learning siswa kelas 2 SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(1), 234-242.

Handoko, O. (2018). Model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar subtema keberagaman budaya bangsaku. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 231-236.

Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi meta-analisis pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158-166.

Pristiwanti, Desi, et al. "Pengertian Pendidikan." Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4.6 (2022): 7911-7915.

Latifah, L. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep IPS Melalui Metode Role Playing Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Ummi, 13(3), 163-172.

Listiani, W., PD, E. H. R. S., & Mus, S. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 4 .

Prastowo, Andi. Analisis pembelajaran tematik terpadu. Prenada Media, 2019.

Handoko, O. (2018). Model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar subtema keberagaman budaya bangsaku. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 231-236.

Suryani, E. (2018). Profil Kesalahan Pemahaman Konsep Cahaya Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Khasanah, N. U., Rini, Z. R., & Fitra, E. A. P. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Kelas III di SD Negeri Wonoyoso: Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Video Animasi. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 505–516. https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.25195