Keefektifan Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Peningkatan Kemampuan pemahaman Konsep Berbantuan Video Edukasi Pada Siswa Kelas II SD Negeri Ungaran 02
Concept Attainment, Pemahaman Konsep, Video Edukasi.
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.25190Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran concept attainment terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep berbantuan video edukasi pada siswa. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SDN Ungaran 02, lalu sampel penelitiannya adalah kelas II SDN Ungaran 02. Teknik analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test, uji regresi dan uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran concept attainment berbantuan video edukasi pada kelas eksperimen dan model pembelajaran concept attainment pada kelas kontrol untuk peningkatan kemampuan pemahaman konsep, dibuktikan dengan taraf signifikansi 0,002 < 0,05 menggunakan uji independent t test (2) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran concept attainment berbantuan video edukasi terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, dibuktikan dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 menggunakan uji regresi (3) Terdapat peningkatan model pembelajaran concept attainment berbantuan video edukasi terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, dibuktikan dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 menggunakan uji paired sample t test. Kesimpulan penelitian yaitu model pembelajaran concept attainment berbantuan video edukasi efektif dalam peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa.
References
Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing; A revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Lonman Inc.
Erniasih, U., Pramono, S. E., & Atno, A. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Video Edukasi Dan Media Video Dokumenter Pada Pembelajaran Sejarah Di Sma N 12 Semarang Tahun Ajarah 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 152–160.
Khofifah, B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik dalam Belajar Matematika pada Tema Bermain di Lingkunganku di Kelas II MIN 2 Indragiri Hulu. 1–73.
Mustika, H., & Sutriana, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Concept Attainment Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 36–48. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.867
Pratiwi, E. M., Gunawan, G., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381–386. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.466
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Winarti, W., Setiawan, W. E., & Kusnandar, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat. Pi-Math - Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, 4(1), 36–48.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.