Keefektifan Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Peningkatan Kemampuan pemahaman Konsep Berbantuan Video Edukasi Pada Siswa Kelas II SD Negeri Ungaran 02

Concept Attainment, Pemahaman Konsep, Video Edukasi.

Authors

  • Evi Kartika Febriyana Program Studi PGSD Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia
  • Zulmi Roestika Rini Program Studi PGSD Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.25190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran concept attainment terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep berbantuan video edukasi pada siswa. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SDN Ungaran 02, lalu sampel penelitiannya adalah kelas II SDN Ungaran 02. Teknik analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test, uji regresi dan uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran concept attainment berbantuan video edukasi pada kelas eksperimen dan model pembelajaran concept attainment pada kelas kontrol untuk peningkatan kemampuan pemahaman konsep, dibuktikan dengan taraf signifikansi 0,002 < 0,05 menggunakan uji independent t test (2) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran concept attainment berbantuan video edukasi terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, dibuktikan dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 menggunakan uji regresi (3) Terdapat peningkatan model pembelajaran concept attainment berbantuan video edukasi terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, dibuktikan dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 menggunakan uji paired sample t test. Kesimpulan penelitian yaitu model pembelajaran concept attainment berbantuan video edukasi efektif dalam peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa.

 

 

References

Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing; A revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Lonman Inc.

Erniasih, U., Pramono, S. E., & Atno, A. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Video Edukasi Dan Media Video Dokumenter Pada Pembelajaran Sejarah Di Sma N 12 Semarang Tahun Ajarah 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 152–160.

Khofifah, B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik dalam Belajar Matematika pada Tema Bermain di Lingkunganku di Kelas II MIN 2 Indragiri Hulu. 1–73.

Mustika, H., & Sutriana, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Concept Attainment Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 36–48. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.867

Pratiwi, E. M., Gunawan, G., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381–386. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.466

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Winarti, W., Setiawan, W. E., & Kusnandar, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat. Pi-Math - Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, 4(1), 36–48.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Febriyana, E. K., & Rini, Z. R. (2024). Keefektifan Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Peningkatan Kemampuan pemahaman Konsep Berbantuan Video Edukasi Pada Siswa Kelas II SD Negeri Ungaran 02: Concept Attainment, Pemahaman Konsep, Video Edukasi . Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 541–550. https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.25190