Keefektifan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas II SDN Wonoyoso

Problem Solving, Komik, Pemecahan Masalah.

Authors

  • Mahfudotul Azidah Program Studi PGSD Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia
  • Zulmi Roestika Rini Program Studi PGSD Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.25193

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan media komik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.Metode penelitian ini menggunakan eksperimen kuantitatif dengan desain Quast Experimental (Non Equivalent Control Group Design).Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri Wonoyoso.Sampel penelitian ini adalah kelas II A sebagai kelas Kontrol sedangkan kelas II B sebagai kelas eksperimen.Teknik pengumpulan data dengan Teknik tes melalui pretest dan posttest  serta Teknik non tes meliputi observasi, dokumentasi, wawancara tak berstruktur dan angket.Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test dan uji regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukan : (1) Terdapat perbedaan dalam penggunaan model pembelajaran problem solving berbantuan media komik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontro, dibuktikan dengan hasil uji independent sample t-test menunjukan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran problem solving berbantuan media komik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dengan hasil uji regresi linier sederhana menunjukan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05.Berdasarkan hasil penelitianm dapat disimpulkan bahwa penggunakan model pembelajaran problem solving berbantuan media komik berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

References

DAFTAR PUSTAKA

Afandi, Muhamad, Evi Chamalah, and Oktarina Puspita Wardani. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Vol. 392.

Aiman, Ummu, and Rizqy Amelia Ramadhaniyah Ahmad. 2020. “Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 1(1):1–5.

Andiani, Dini, Mimi Nur Hajizah, and Jarnawi Afgani Dahlan. 2020. “Analisis Rancangan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar.” Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 4(1):80–90.

Ani, Febry. 2019. “Model Pemecahan Masalah (Problem Solving) Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri No. 166/VII Guruh Baru I Kec. Mandi Angin Kab. Sarolangun.” UIN Sultan Thaha Saifudidin, Jambi.

Annur, Syubhan, Mustika Wati, Saiyidah Mahtari, and Miranti Diah Prastika. 2018. “Sustainable Development Goals (SDGs) Dan Peningkatan Kualitas Pendidikan.” Seminar Nasional Pendidikan 251–55.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Indarwati, Desi, Wahyudi Wahyudi, and Novisita Ratu. 2014. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sd.” Satya Widya 30(1):17.

Mahdiansyah, Malem Sendah Sembiring, Teguh Supriyadi, Ikhya Ulumudin, and Sisca Fujianita. 2017. PENILAIAN PENDIDIKAN Sistem Penilaian Hasil Belajar Dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013. edited by I. K. Hermawan and Y. Wirda. Jakarta.

Mawaddah, Siti, and Hana Anisah. 2015. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di SMP.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 3(2):166–75.

Ningsih, Sulistiya Tri, and Lisa Virdinarti Putra. 2021. “Keefektifan Media Powtoon Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas III.” Jurnal Perseda IV(1):31–34.

Oktaviani, Laras, and Nirmala Tari. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Pada Siswa Kelas Vi Sd No 5 Jineng Dalem.” Pedagogia 16(1):10.

Aji Prayoga, E. W. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2652-2665.

Bella Putri Dias Anggraeny, A. B. (2021). Pengambangan Worksheet Matematika SMA Berbantu Augmented Reality Dengan Model Problem Solving. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 375-380.

Dwi Retno Melathi, L. V. (2022). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP KEMAMPUAN

PEMECAHAN MASALAH SISWA. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education, 39-46.

Endah Amalia, E. S. (2017). THE EFFECTIVENESS OF USING PROBLEM BASED LEARNING (PBL) IN MATHEMATICS PROBLEM SOLVING ABILITY FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS. IJARIIE, 2395-4396.

Kaharuddin, A. (2018). Effect of Problem Based Learning Model on Mathematical Learning Outcomes of 6th Grade Students of Elementary School Accredited B in Kendari City. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 43-46.

Pane, Apriada, and Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran.”FiITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 03(2):333–52.

Prastiwi, Merry Dwi. 2018. “Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas VII SMP.” E-Journal-Pensa 06(21):98–103.

Putra, Lisa Virdinarti, and Yoannes Romando Sipayung. 2019. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V Melalui Pembelajaran Berbasis Matematika Realistik Berbantuan Powtoon.” Seminar Pendidikan Nasional 1(1):1– 10.

Rianto, Milan. 2006. Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. edited by S. A. Winanto. Malang.

Lisa Virdinarti Putra, E. S. (2021). IMPROVING STUDENTS MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING ABILITIES BY USING PROBLEM-BASED LEARNING APPROACH.

AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 457-466.

M. Ikhsan, S. M. (2017). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING. Aksioma : Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 234-245.

Maesari1, C. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecehan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION, 92-102.

Setiawan, Muhammad Andi. 2020. Belajar Dan Pembelajaran. Palangka Raya.

Setyoko, Setyoko, and Indriaty Indriaty. 2018. “Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan Biologi 7(3):157.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Yogyakarta: ALFABETA. Sukestiyarno. 2020. Olah Data Berbantuan SPSS. Semarang.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Azidah, M., & Rini, Z. R. (2024). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas II SDN Wonoyoso: Problem Solving, Komik, Pemecahan Masalah. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 517–526. https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.25193