Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Ssiswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Lahat

Authors

  • R.A Indah Tri Wahyuni Universitas PGRI Palembang
  • Aswadi Jaya Program Studi PGSD Universitas PGRI Palembang
  • Mega Prasrihamni Program Studi PGSD Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.16828

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Lahat. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian survei. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini sensus sampling total diambil dari semua anggota populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 14 Lahat dengan jumlah 66 peserta didik dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 66 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji heterokedasitias, uji homogenitas, uji linear sederhana, dan uji hipotesis yaitu uji t dan uji determinasi. Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh nilai t hitung > t tabel maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima t-hitung t-tabel 13.072 . 1,669, dan nilai signifikan 0,05 (0,000 < 0,05). Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa.

References

Anisah, S. A., Katmajaya, S., & Zakiyyah, W. L. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 434. https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1178

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Daniel, G. (2015). Emotional Intelligence terjemahan T.Hermaya. Gramedia.

Hardani, D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Cv Pustaka Ilmu Group.

Junaidi, T. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Sains Riset, 12(1), 193–200.

Lestari, S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(59), 1349–1358.

Sabilah, N. (2022). Pengaruh Aktivitas dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1).

Setyaningrum, R., Utami, H. N., & Ruhana, I. (2016). Studi Pada Karyawan PT . Jasa Raharja Cabang Jawa Timur. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 36(1), 211–219.

Surahman. (2020). Metode Penelitian. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Tanggu, R, E. W. (2017). Pembelajaran Pkn si SD Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.

Thaib, E. N. (2013). Hubungan antara Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah didadikta, 13(2), 384–399.

Yanti, M. R. F. (2016). Hubungan Kedisiplinan dengan Prestasi Belajar Ssiswa di SMP Maria Immaculata Yogyakarta. Skripsi Program Studi Psikologi Universitas Sanata Dharma.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Wahyuni, R. I. T., Jaya, A., & Prasrihamni, M. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Ssiswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Lahat. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 802–811. https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.16828