Penerapan Pendekatan TPACK Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SD Negeri 1 Panggung Harjo

Rovi Rohmawati Muflikha, M. Taheri Akhbar, Mega Prasrihamni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V setelah diterapkannya pendekatan TPACK. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan sensus/sampling total diambil dari semua anggota populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Panggung Harjo dengan jumlah 16 peserta didik dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunkaan adalah uji N-gain, uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis yaitu uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh nilai rata-rata dari pre-test sebesar 53,9 dan post-test memperoleh nilai sebesar 78,12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05, yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V setelah diterapkan pendekatan TPACK di SD Negeri 1 Panggung Harjo.

Full Text:

PDF

References


Afrilianti, F. F., Kesumawati, N., & Hera, T. (2022). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Berdasarkan Self- Efficacy. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(03), 3087-3096.

Herawati. (2020). Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 27-48.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166-175.

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta, CV.

Nurlaela, L., Ismayati, E., Samani, M., Suparji, & Buditjahjanto, I. G. (2019). Strategi Belajar Berpikir Kreatif (Edisi Revisi). Jakarta Utara: PT. Mediaguru Digital Indonesia.

Puspaningtyas, & Dwi, N. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 24-30.

Rebica Afsari, N. K. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis TPACK Dalam Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas IV SD. SEJ (School Education Journal), 11(4), 339-348.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43-48.




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.17058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.