PENGARUH WORDLESS PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS II SDN 2 PANCOR
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v9i2.24293Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh wordless picture terhadap kemampuan menulis kalimat sederhana siswa kelas II SD Negeri 2 Pancor tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 2 Pancor yang berjumlah 44 siswa yang terbagi kedalam dua kelas II.A dan II.B. Kelas II.A merupakan kelas eksperimen dan kelas II.B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan test kemampuan menulis kalimat sederhana. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa rata-rata kemampuan menulis kalimat siswa kelas eksperimen pre dan post tes adalah 63,32 dan 71,82 sedangkan kelas kontrol pada pre dan post tes adalah 58,84 dan 62,77. Selain itu secara klasikal minat belajar kelas eksperimen mencapai 80%. Rata-rata kemampuan menulis kalimat sederhana kelas eksperimen pada post tes yaitu 86,36 sedangkan rata-rata kemampuan menulis kalimat sederhana pada kontrol pada post tes adalah 63,63. Selain itu ketuntasan belajar secara klasikal kelas eksperimen mencapai 86%. Dari Uji hipotesis menggunakan independent sample t test. Pada analisis statistik kemampuan menulis kalimat sederhana diperoleh nilai Sig.(2-tailed) = 0.00 < 0.05. Pada analisis hasil posttest kemampuan menulis kalimat sederhana diperoleh nilai Sig.(2-tailed) = F hitung> F tabel (15.838 > 0.00). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Wordless Pictures berpengaruh terhadap kemampuan menulis kalimat sederhana siswa kelas II SDN 2 Pancor.
Kata kunci : Kemampuan Menulis, Kalimat Sederhana, Wordless Pictures
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Hatmoko, J. H. (2015). Survei Minat dan Motivasi Siswa Putri Terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes Di Smk Se-Kota Salatiga Tahun 2013. E-Jurnal Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(4), 1729–1736. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr%0ASURVEI
Ngalim Purwanto. 2002. Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Bandung : Remaja. Karya
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Kucer, Stephen B. and Cecilia Silva. 2005. Teaching the Dimensions of Literacy. New York: Routledge. (online).
Ustiwaningsih. 2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Melalui Media Gambar Serianak. Skripsi Diditerbitkan. Surabaya: UNESA