Pengaruh Model Think Talk Write (TTW) Berbantuan Ular Tangga Tematik Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas III SDN Ungaran 02
TTW, Pemahaman Konsep, Ular Tangga, Tematik.
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.25083Abstract
Kemampuan pemahaman konsep siswa menjadi solusi yang dapat digunakan untuk menerapkan pengetahuan dan pemahaman tematik. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan ular tangga tematik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III A dan III B SDN Ungaran 02. Jenis data pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi experimental design dengan bentuk purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes (Pre Test dan Post Test) dan Non Tes (Observasi, Angket, Wawancara tidak terstruktur dan Dokumentasi). Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis yang berupa uji independent sample t-test dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa dengan penggunaan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media ular tangga tematik. Perihal ini dibuktikan dengan hasil Uji Independent Sample T-Test dengan taraf nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang dimana nilai rataan untuk kelas eksperimen 87,60 lebih besar daripada rataan kelas kelas kontrol 73,04. (2) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media ular tangga tematik terhadap pemahaman konsep siswa. Perihal ini dibuktikan dengan hasil Uji Regresi Linier Sederhana dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Sehingga pada variabel pemahaman konsep disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media ular tangga tematik pemahaman konsep siswa sebesar (nilai R square atau R2 = 0,434 = 43,4% ). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan ular tangga tematik efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa.
References
Abduh, M., & Istiqomah, A. (2021). Analisis Muatan Hots dan Kecakapan Abad 21 pada Buku Siswa Kelas V Tema Ekosistem di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2069–2081. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1124
Afriyeni, Y. (2018). Pembentukan Karakter Anak Untuk Peduli Lingkungan Yang Ada Di Sekolah Adiwiyata Mandiri SDN 6 Pekanbaru Yeni Afriyeni Sekolah Tinggi Persada Bunda Pekanbaru. Jurnal PAUD Lectura, 1(2), Hal. 123-133.
Antafani, H. D., & Purwanti, K. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media VBSC untuk Meningkatkan Penalaran Siswa SD/MI. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(2), 149–162. https://doi.org/10.35878/guru.v1i2.299
Hafidhoh, N. (2007). Penerapan Model Pembelajaran Tematik Terpadu. 1–10.
Harefa, D. (2020). = 2,898 > T. Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Model Pembelajaran Time Token Differences in Improving Student Physical Learning Outcomes Using Think Talk Write Learning Model With Time Token Learnin, 1(2), 35–40. file:///C:/Users/User/Downloads/2689-Article Text-10324-1-10-20181116 (1).pdf%0Afile:///C:/Users/User/Downloads/document.pdf
Magdalena, I., Wahyuni, A., & Hartana, D. D. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Daring Yang Efektif Selama Pandemi Di Sdn 1 Tanah Tinggi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(2), 366–377. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Oktasari, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Sains Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Pada Siswa Kelas Iii Sd/Mi Skripsi. 1–182.
Purwanti, K. Y., & Putra, L. V. (2022). the Effectiveness of Game Based Learning Method With Perfect Number Media on Creative Thinking Ability of Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(1), 38–45. https://doi.org/10.29407/jpdn.v8i1.17094
Rahmani, A., & Sutiawan, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP (the Effect of Cooperative Learning Models Think Talk Write of the Mathematical Concept in the Middle School). GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–7. http://dx.doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2168
Renna, D. S., Satinem, S., & Aswarliansyah, A. (2021). Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd Negeri Bukit Langkap. Snhrp, 261–268. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/202%0Ahttps://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/download/202/168
Rika, Y. (2022). Pembelajaran Tematik Muatan Matematika Materi Satuan Waktu Kelas Iii Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jembrana Tahun Pelajaran …. September. http://digilib.uinkhas.ac.id/14142/%0Ahttp://digilib.uinkhas.ac.id/14142/1/RIKA YOLANDA.pdf
Rohmatun, H., & Rasyid, A. (2022). Model Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technologi, Society) Berbantuan Media Video Terhadap Pemaham Konsep Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, 4, 118–125. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/789
Roisah, R., Kusrina, T., & Porwanto, B. E. (2023). Model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS. Journal of Education Research, 4(3), 1481–1487.
Suwarman, R. F. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pemrograman Komputer. Prisma, 7(2), 227. https://doi.org/10.35194/jp.v7i2.529
Utari, E. S. (2019). Peran Model Pembelajaran Think Talk Write Pada Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 796. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/114
Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 68–73. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728
Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296
Zulfa, A. R. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Think Talk Write Pada Tema Sistem Organ Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Sains di SMP N 2 Ponorogo. April, 111.
Downloads
Published
Versions
- 2024-06-30 (2)
- 2024-07-04 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.