Pengguna Model Pembelajaran Teman Sebaya (Peer Teaching) Dalam Teknik Dribble Pemainan Bola Basket

Authors

  • Rahmat Iqbal Universitas Singaperbangsa Kerawang, Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehtan dan rekreasi , Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kerawang, Indonesia.
  • Rekha Ratri Julianti Universitas Singaperbangsa Karawang, Program Studi Penjaskesrek
  • Akhmad Dimyati Universitas Singaperbangsa Karawang, Program Studi Penjaskesrek

DOI:

https://doi.org/10.29408/porkes.v2i2.1883

Keywords:

Peer Teaching, Dribble Bola Baske

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran teman sebaya (peer teaching) dalam teknik dribble permainan bola basket pada siswa kelas XI SMAN 1 Telagasari dan untuk mengetahui hasil penggunaan model pembelajaran teman sebaya (peer teaching) dalam teknik dribble permainan bola basket pada siswa kelas XI SMAN 1 Telagasari. Penelitian ini mnggunakan metode  pembelajaran  bersama  teman sebaya, metode tersebut berfungsi untuk meningkatkan  motivasi,  minat  dan  hasil  belajar  siswa. Penelitian  ini merupakan penelitian kualitatif., dimana sampel dalam penelitian ini adalah diambil 3 orang siswa kelas XI dan 2 orang guru dengan teknik wawancara sebanyak 5 orang.  Variabel pada penelitian ini terdiri dari 2 (dua) variabel yaitu model pembelajaran teman sebaya (peer teaching) (X1) dan variable teknik dribble bola basket (X2). Berdasarkan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah terjadinya proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan nilai tes yang diberikan oleh guru setiap selesai memberikan materi pelajaran pada satu pokok bahasan.

 

DOI: 10.29408/porkes.v2i2.1883

References

Amber, Vic. (2008). Petunjuk untuk Pelatih dan Pemain Bola Basket. Bandung. Penerbit Pionir Jaya

A.R. Syamsuddin & Vismaia Damaianti.(2009). Metode Penelitian Pendidikan

Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto,Surharsimi.(2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain Aswan. (2013). Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta. PT Rineka Cipta.

Dinata, Marta. (2008). Konsep & Teknik Bermain Bola Basket, Jakarta: Penerbit Cerdas Jaya

FIBA Rules. 2018. Official Basketball Rules Terjemahan. Jakarta: PP.Perbasi.

FIBA Rules. 2005. Mini-Basketball Rules. Switzerland: FIBA

Kementerian Pendidikan Nasional. 2006. Standar Isi Untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kementerian Pendidikan Nasional.

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

N.K, Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Rosdiani, Dini. (2013). Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani

Dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Sucipto, dkk. (2010). Permainan Bola Basket. Bandung. FPOK Bandung.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Published

2019-12-31

How to Cite

Iqbal, R., Julianti, R. R., & Dimyati, A. (2019). Pengguna Model Pembelajaran Teman Sebaya (Peer Teaching) Dalam Teknik Dribble Pemainan Bola Basket. Jurnal Porkes, 2(2), 37–43. https://doi.org/10.29408/porkes.v2i2.1883

Issue

Section

Articles