Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Kayang Senam Lantai melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya

Authors

  • Yudhi Purnama Universitas Wahid Hasyim
  • Lusiana Lusiana PJKR FKIP Universitas Wahid Hasyim
  • Dini Firnam Hidayah PJKR FKIP Universitas Wahid Hasyim

DOI:

https://doi.org/10.29408/porkes.v4i1.3354

Keywords:

Hasil Belajar, Kayang, Tutor Sebaya

Abstract

Pendidikan jasmani adalah proses pembelajaran melalui aktifitas fisik untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan gerak dan pengetahuan serta perilaku hidp sehat. Hasil belajar siswa materi kayang senam lantai masih rendah, hal ini diketahui dari hasil observasi peneliti saat praktik mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kayang menggunakan metode turor sebaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal Jawa Tengah, dengan populasi penelitian kelas XI IPA dengan jumlah 34 siswa, 11 anak putra dan 23 anak putri, teknik penarikan sampel menggunakan total sampling. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai dari pra siklus rata-rata nilai 67 dan 29,41% tuntas, meningkat pada siklus 1 nilai rata-rata sebesar 73 dan 50% tuntas, dan siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 76 dan 85,29% siswa tuntas. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi kayang senam lantai.   

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Afandi, A., & Faisal, M. (2020). Upaya Meningkatkan Teknik Juggling Permainan Futsal Dengan Media Alat Bantu. Jurnal Porkes, 3(2), 142–148. https://doi.org/10.29408/porkes.v3i2.3005

Ayu, C. C. M. (2018). Desain dan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Caremedia Communication.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish.

Haryanto. (2012). Dr. Olahraga Mengenalkan Teknik Senam Dasar. PT Balai Pustaka (Persero).

Isnaini, L. M. Y. (2019). Aplikasi Latihan Mental Dalam Pembelajaran Gerak Untuk Meningkatkan Keterampilan Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Porkes, 2 (1), 17-25.

Jumesam, J., & Hariadi, N. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Porkes, 3 (2), 119-126.

Lusiana. (2019). The Biomechanic Of Bridge Up Analysis. International Journal of Kinesiology and Physical Education, 1(2), 51–57. https://doi.org/10.34004/ijkpe.v1i1.15

Leuna, S., & Fenanlampir, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Belajar Kopstand Melalui Metode Latihan Siswa Kelas X Sma Negeri 4 Ambon. Journal Pehr Sport (Physical Education, Health And Recreation), 1(1), 19-26.

Lusiana, & Purnama, Y. (2019). Skills of Penjasorkes Teacher Soft Skills Jepara MTS Working Group of 2019. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 1–9.

Permana, R. (2020). Teori dan Praktik: Pendidikan Jasmani di Perguruan Tinggi (Zulfikar (ed.)). Edu Publisher.

Prakentristiari, N. K. L., Astra, I. K. B., & Semarayasa, I. K. (2014). Penerapan Kooperatif Tipe Nht Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Senam Lantai. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 2(1).

Sudjatmiko. (2021). Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) dalam Pembelajaran di SMK. Penerbit Adab.

Saputra, H. P. P. (2017). Upaya peningkatan hasil belajar guling belakang senam lantai melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas XI B SMK TEKNO-SA Surakarta tahun ajaran 2016/2017.

Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA. Jakarta: Literal.

Sutrisno & Muhamad Bazin Khafadi (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan 2. Jakarta: Pusat Perbukuan Kemendiknas.

Suryani, Y., Rukmana, A., & Sudirjo, E. (2018). Meningkatkan Pembelajaran Senam Kayang Menggunakan Metode Progresif. SpoRTIVE, 3(1), 481-490.

Ulfah, M. (2018). Pengaruh Penerapan Model Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Mi Munawariyah Palembang (Doctoral Dissertation, Uin Raden Fatah Palembang).

Wardani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta; Universitas Terbuka.

Published

2021-06-30

How to Cite

Purnama, Y., Lusiana, L., & Hidayah, D. F. (2021). Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Kayang Senam Lantai melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Porkes, 4(1), 8–13. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i1.3354

Issue

Section

Articles