Penerapan Media Lectora Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Perkembangan Motorik
DOI:
https://doi.org/10.29408/porkes.v4i1.3084Keywords:
Hasil Belajar, Motorik, Lectora InspireAbstract
Yang melatarbelakangi Penelitian ialah Kurangnya pemahaman Mahasiswa dalam belajar mata kuliah perkembangan motorik. Terjadinya kebosan didalam mata kuliah perkembangan Motorik, kegiatan belajar dan belajar yang monoton Serta karena Mahasiswa yang mengalami kesulitan pada Mata kuliah Perkembangan motorik. Dan perluhnya inovasi dan pengunaan Ilmu pengetahun dan teknologi dalam segi pembelajaran. Dikarenakan Pembelajaran Kurang kereatif dan Inovatif. Untuk itu tujuan penelitian agar pembelajaran matakuliah motorik menarik, praktis digunakan dan proses pembelajaran berjalan dengan baik. Penelitian ini mengunakan metode penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui 4 tahapan penelitian yaitu di singkat dengan nama (4 D) perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.terdapat dua siklus. Penelitian ini membuktikan adanya peningkatan dengan mengunakan aplikasi Lectora bagi mahasiswa tahun ajaran 2019/2020. Dapat diketahuivalidasi ahli materi sebesar 90,75 %., ahli media dengan total nilai sebesar 84,03%, Uji coba kelompok kecil.Hasilnya 86,85 dengan rata-rata kelayakan adalah 87.21% termasuk dalam kategori â€sangat validâ€. Sehingga seluruh mahasiswa telah tuntas dan mencapai SKM yang ditentukan.hasilnya terdapat jumlah peningkatan.
References
Agditianingrum, S., Madyono, S., & Suminah, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Materi Kegiatan Ekonomi Melalui Media Lectora Inspire Pada Siswa Kelas Iv Sdn Karangtengah 1 Blitar. Wahana Sekolah Dasar, 28 (1), 19–25. Https://Doi.Org/10.17977/Um035v28i12020p019
Dewi, L., Susilawati, S., & Kurniawan, W. (2020). Pengaruh Media Lectora Inspire Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Difraksi Dan Interferensi Gelombang Mekanik Kelas Xi Sma. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 20–26. Https://Doi.Org/10.31851/Luminous.V1i1.3443
Jumesam, J., & Hariadi, N. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Porkes, 3 (2), 119-126.
Kusumah, R. G. T., Walid, A., Pitaloka, S., Dewi, P. S., & Agustriana, N. (2020). Penerapan Metode Inquiry Sebagai Usaha Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Penggolongan Hewan Di Kelas Iv Sd Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 11(1), 142–153. Https://Doi.Org/10.26418/Jpmipa.V11i1.34708
Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science And Education Journal, 1(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.33365/.V1i1.622
Mustafa, P. S., & Sugiharto, S. (2020). Keterampilan Motorik Pada Pendidikan Jasmani Meningkatkan Pembelajaran Gerak Seumur Hidup. Sporta Saintika, 5(2), 199–218. Https://Doi.Org/10.24036/Sporta.V5i2.133
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 Sman 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6 (1), 1–7. Https://Doi.Org/10.33654/Jph.V1i1.927
Pengembangan Media Lectora Inspire Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Sma Kelas X | Zuhri | Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. (N.D.). Retrieved January 16, 2021, From Https://Www.Journal.Unrika.Ac.Id/Index.Php/Jurnalphythagoras/Article/View/463
Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta Lpm, 20(1), 9–16. Https://Doi.Org/10.23917/Warta.V19i3.2842
Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran E–Learning Berbasis Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19 | Daniati | Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran. (N.D.). Retrieved January 16, 2021,Https://Ojs.Ikipmataram.Ac.Id/Index.Php/Jurnalkependidikan/Article/View/2642
Yuliati, N. M., Hente, A., & Nurmiati, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menghubungkan Titik Dengan Menggunakan Media Tulis Di Kelompok A Paud Al Musafir Palu Barat. Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.31934/Jom.V1i1.1270
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Porkes is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License