Pengaruh Permainan Gerak Manipulatif Terhadap Konsentrasi Belajar

Authors

  • Nurunnabilah Nurunnabilah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ruslan Abdul Gani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Resty Gustiawati Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6109

Keywords:

Gerak manipulatif, konsentrasi belajar, pendidikan jasmani.

Abstract

Gerak manipulatif merupakan gerakan yang harus dikuasai oleh siswa, karena dengan gerak manipulatif maka gerak dasar siswa menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan gerak manipulatif terhadap konsentrasi belajar siswa di SMAN 1 Telukjambe Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian eksperimen. Jenis penelitian ini pre-exsperimental design. Pelaksanaan penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu pretest, treatment dan posttest. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah kelas X SMAN 1 Telukjambe Barat, Siswa Kelas X terdiri dari 6 kelas yaitu X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, X IPA 4, X IPS 1 dan X IPS 2 dengan jumlah siswa sebanyak 203 siswa, sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas X IPA 4 dengan jumlah siswa 35 orang. Instrumen yang digunakan berupa kuisioner army alpha. Analisis data dilakukan dengan uji paired sampel test pada data pretest dan posttest hasil pengukuran konsentrasi belajar siswa kelas X IPA 4. Nilai Sig. diperoleh dari data analisis statistik yaitu Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest konsentrasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan konsentrasi belajar siswa meningkat 13,6% dibandingkan sebelumnya. Diperoleh kesimpulan bahwa permainan gerak manipulative “terdapat peningkatan konsentrasi belajar melalui permainan gerak manipulatif pada siswa kelas X. Pembelajaran dengan permainan ternyata mampu meningkatkan konsentrasi belajar siswa.

References

Aviana, R., & Hidayah, F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di Sma Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3 (1), 30–33. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jps.3.1.2015.30-33

Andhika, D. A., Prayoga, A. S., & Darumoyo, K. (2022). Meningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Sederhana. Jurnal Porkes, 5(1), 57-65. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5678

Erwan, M. T., suryansah, S., & Nopiana, R. (2018). Pengaruh Variasi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Tehnik Dasar Passing Chest Pass Bola Basket Pada Siswa Smpn 1 Suralaga Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Porkes, 1 (1), 14–20. https://doi.org/10.29408/porkes.v1i1.1096

Fahrudin, F., & Rahayu, E. T. (2018). Pengaruh Penggunaan Modifikasi Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Terhadap Motivasi …. Jurnal Speed (Sport, Physica.,2 (November), 13–20. https://journal.unsika.ac.id/index.php/speed/article/view/1727

Gustiawati, R., & Julianti, R. R. (2018). Pengaruh Model Pendidikan Gerak (Movement Education) Terhadap Hasil Penilaian Kognitif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Speed (Sport, Physical., 2 (November), 44–51. https://journal.unsika.ac.id/index.php/speed/article/view/1731

Hidayat, A. (2017). Peningkatan Aktivitas Gerak Lokomotor, Nonlokomotor Dan Manipulatif Menggunakan Model Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2 (2), 21. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8175

Hudah, M., Widiyatmoko, FA, Pradipta, GD, & Maliki, O. (2020). Analisis pembelajaran pendidikan jasmani di masa pandemi covid-19 di tinjau dari penggunaan media aplikasi pembelajaran dan usia guru. Jurnal Porkes , 3 (2), 93-102. Doi. 10.29408/porkes.v3i2.2904

Harvianto, Y. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Porkes , 4 (1), 1-7. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i1.3485

Mayasari, F. (2017). Pengaruh Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. di SMK Negeri 1 Ngambang, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa., 1–11. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i6.20651

Mudyahardjo, R. (2016). Pegantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Rajawali Pers.

Mudzakir, D. O. (2020). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Terhadap Motivasi Dalam Pembelajaran Penjas Di Sekolah Dasar. Jurnal Maenpo: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 10 (1), 44–49. https://doi.org/https://doi.org/10.35194/jm.v10i1.941

Nugroho, W. (2007). Belajar Mengatasi Hambatan Belajar. Prestasi Pustaka.

Nuriman, R., Kusmaedi, N., & Yanto, S. (2016). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Bebentengan terhadap Kemampuan Kelincahan Anak Usia 8-9 Tahun. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 1 (1), 29. https://doi.org/10.17509/jtikor.v1i1.1550

Nuryana, A. (2010). Efektivitas brain gym dalam meningkatkan konsentrasi belajar pada anak. Ilmiah Berkala Psikologi, VOl.12 No., 88–98. http://hdl.handle.net/11617/3504

Prasetiyo, A. (2015). Pengembangan Media Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Materi Guling Depan Untuk SMP Kelas VII. II, 1–15.

Purba, OZ, Iyakrus, I., Bayu, WI, & Victorian, AR (2022). Survei Motivasi Berolahraga Pada Peserta Didik. Jurnal Porkes , 5 (1), 94-104. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5300

Rozak, R. A., Gani, R. A., & Fahrudin. (2022). Persepsi Guru Pendidikan Jasmani Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SMP/MTs Se-Kecamatan Kotabaru Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8 (3), 178–183. https://doi.org/10.5281/zenodo.5816229

Rizky, MY, Mutohir, TC, & Suroto, S. (2022). Pedagogi Positif dalam Pendidikan Jasmani (Tinjauan Sastra). Jurnal Porkes , 5 (1), 324-332. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5711

Rumpoko, S. S., Jayanti, K. D., Febrianti, R., Hakim, A. R., Sunjoyo, S., & Sistiasih, V. S. (2022). Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Prodi Pendidikan Olahraga. Jurnal Porkes, 5(1), 260-271. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5635

Sari, I. M. (2013). Pengaruh Permainan Manipulatif Dengan Manik-Manik Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Lakshmi 12 Surakarta Tahun Pelajaran 2012 / 2013.

Suhardi. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Melempar Pada Permainan Kasti Melalui Pendekatan Lempar Sasaran Pada Siswa Kelas Iv Sdn Somokaton I Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016. 1.

Sumantri, M. S., & Endrawati, T. (2016). Kemampuan Sosialisasi dan Gerak Manipulatif Anak Usia Dini. Fip Unj, 2 (1), 59–67. https://pps.unj.ac.id/publikasi/dosen/mohamad.syarif.sumantri/09.

Widyanto, A. F., & Djawa, B. (2019). Pengaruh Variasi Gerak Manipulatif Dengan Media Bola Spon Terhadap Peningkatan Gerak Dasar Servis Bawah Bola Voli. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya., 07 (01), 79–83. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/26447

Published

2022-12-20

How to Cite

Nurunnabilah, N., Gani, R. A., & Gustiawati, R. (2022). Pengaruh Permainan Gerak Manipulatif Terhadap Konsentrasi Belajar. Jurnal Porkes, 5(2), 498–509. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6109

Issue

Section

Articles