Motivasi Kerja Guru Tidak Tetap (GTT) Pada PJOK
DOI:
https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6762Keywords:
Guru tidak tetap (GTT), kerja, motivasiAbstract
Guru merupakan elemen penting dalam dunia pendidikan, oleh sebab itu kerja keras seorang guru sudah sepatutnya diapresiasi, salah satunya dengan mengangkat guru tersebut menjadi guru tetap, dan berhak memperoleh imbalan dan jaminan kesejahteraan, akan tetapi kenyataan dilapangan banyak guru PJOK yang belum diangkat sebagai guru tetap di lembaga pendidikan, terutama guru PJOK di kecamatan Modo yang menunaikan tugas keprofeisannya di SD/MI, sehingga banyak guru PJOK yang berstatus GTT (Guru Tidak Tetap) sengaja merangkap bekerja dari satu lembaga ke lebaga yang lainnya. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi kerja guru PJOK tidak tetap (GTT) SD/MI di kecamatan Modo. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang dilakukan selama tiga bulan berturut-turut agar teruji keabsahan datanya. Indikator motivasi yang digunakan adalah teori kebutuhan oleh Gibson dkk, dengan hasil motif eksistensi yang mana guru PJOK rela berpindah tempat mengajar demi memenuhi kebutuhan pokoknya. Ke dua merupakan kebutuhan sosial karena dengan mengajar sebagai guru PJOK di berbagai lembaga pendidikan dasar akan memperbanyak relasi yang menguntungkan mereka, dan yang ke tiga adalah kebutuhan untuk berkembang yang mana dengan menjadi guru PJOK mereka dapat bermanfaat untuk peserta didiknya dan mampu mengembangkan keahlian mereka.
References
Adha, R. N., Qomariah, N., & Hafidzi, A. H. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Sosial Kabupaten Jember. Jurnal Penelitian Ipteks. 4 (1), 47-62. https://doi.org/10.32528/ipteks.v4i1.2109
Fatmala, E., Ikmal, H., & Wahyudi, W. E. (2022). Urgensi Organisasi Pelajar Dalam Pengembangan Karakter Kepemimpinan Perspektif Teori Gibson Di Smk Al Futuh Tikung Lamongan. AtTàlim : Jurnal Pendidikan, 8(2), 2548–4419. https://doi.org/10.36835/attalim.v8i2.826
Halmuniati, & Sabania, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional Terhadap Motivasi Kerja Guru Honorer Tk Se Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari. Shautut Tarbiyah, 25(1). 19-36. http://dx.doi.org/10.31332/str.v25i1.1346
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March). CV. Pustaka Ilmu Group.
Iqbal, R., Ratri Julianti, R., Dimyati, A., Singaperbangsa Karawang, U., & Studi Pendidikan Jasmani, P. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Teman Sebaya (Peer Teaching) Dalam Teknik Dribble Pemainan Bola Basket. Journal Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi Porkes, 2 (2). 37-43. https://doi.org/10.29408/porkes.v2i2.1883
Irianto, A., Azmy, B., & Rusminati, S. H. (2021). Profil Lulusan Program Studi PGSD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.471
Iskandar. (2016). Implementasi Teori Hirarki Kebutuhan abraham Maslow Terhadap peningkatan Kinerja Pustakawan. Urnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah.
Komara, A. T., Stie, N., & Bandung, P. (2014). Pengaruh Kompensasi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil (Pns) Di Lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Kota Bandung. Bisnis & Entrepreneurship, 8(2), 73–85. https://jurnal.stiepas.ac.id/index.php/jebe/article/view/65
Mansir, F. (2020). Kesejahteraan Dan Kualitas Guru Sebagai Ujung Tombak Pendidikan Nasional Era Digital. 8(2). https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/index
Maifa, S. (2020). Pengaruh Aktivitas Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga Terhadap Hasil Uji Kompetensi Guru. Jurnal Porkes, 3(1), 1-8. https://doi.org/10.29408/porkes.v3i1.1937
Pello, W. Y., Renoat, E., & Banunaek, M. F. (2019). Pengaruh Peran dan Motivasi Penyuluh Pertanian Terhadap Inovasi Teknologi Budidaya Tanaman Padi Sawah di Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Jurnal Penyuluhan, 15(2), 184-194. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v15i2.27732
Purnama, Y., Rozi, F., & Usmanto. (2022). Evaluasi Program Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Prokes 5 (1), 333-341. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5936
Purba, O. Z., Iyakrus, I., Bayu, W. I., & Victorian, A. R. (2022). Survei Motivasi Berolahraga Pada Peserta Didik. Jurnal Porkes, 5(1), 94-104. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5300
Pambudi, Y. T., Widorotama, A., Fahri, A. S., & Farkhan, M. M. (2022). Korelasi Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Jasmani. Jurnal Porkes, 5(1), 158-167. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5350
Rasyid Fakhrun Gani, A., Basliahwanti Murti, A., & Alvionita, D. (2021). Pentingkah Kualitas Dan Kesejahteraan Guru Biologi? http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/bioilmi
Roqib, Moh., & Nurfuadi. (2020). Kepribadian Guru Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru yang Sehat di Masa Depan. CV. Cinta Buku. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/7229
Rosdiana. (2019). Hubungan Stres Kerja, Jam Kerja, Dan Kelelahan Kerja Dengan Tingkat Konsentrasi Pada Pekerja Pengguna Komputer Di Pt. Telekomunikasi Witel Medan. Jurnal Kesehatan Global, 2(3), 131–141. https://doi.org/10.33085/jkg.v2i3.4384
Redaksi, J. I. I. P. (2020). Pengaruh Besarnya Insentif Guru Tidak Tetap Terhadap Motivasi Mengajar Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kandai Ii Dompu Tahun Pembelajaran 2019/2020: Arifudin. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(1), 420-426. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/116
Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Cita Pustaka Media.
Sinulingga, A., Suprayitno, S., & Pertiwi, D. (2019). Professionalism of physical education teachers: from the leadership of school principals, school culture to teacher work motivation. Jurnal Sportif : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(2), 296. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i2.13113
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Tumiwa, R. A. F., Ajabar, Abbas, D. S., Henrietta, N., Nopriadi, S., Marentek, M. R., Nai’im, Z., Mashere, U., Muafiq, F., Narwadan, T. N. A., & Anita, T. L. (2021). Reinventing Human Resources Management (GCAINDO, Ed.; Pertama). Mirra Buana Media. https://www.researchgate.net/publication/351155046
Utamaningsih, A., Monika, G., & Yenida. (2019). Motivasi Kerja Karyawan dalam Kajian Teori Kebutuhan Maslow. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis. 133-142. https://doi.org/10.30630/jipb.11.No.%202.252
Wijaya, C., & Manurung, O. (2021). Produktivitas Kerja (R. Hidayat, Ed.; Pertama). Kencana.
Widiyono, I. P. (2021). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran PJOK di SMP/MTs Se-Kecamatan Karangsambung Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021. JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education, 2(2), 28-37. https://doi.org/10.38114/josepha.v2i2.153
Zika Purba, O., Iyakrus, Indra Bayu, W., & Richard Victorian, A. (2022). Survei Motivasi Berolahraga Pada Peserta Didik. Jurnal Prokes, 5(1), 94–104. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1
Zulkifli, M., Dermawan, A., & Sutrisno, E. (2014). Motivasi Kerja, Sertifikasi, Kesejahteraan Dan Kinerja Guru. 3(02), 148–155.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Porkes is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License