Causal Comparatif Pendidikan Karakter Dan Kegiatan Imtaq Dalam Membangun Sikap Disiplin Siswa Di Masa Pandemi Covid 19 SDN 2 Pancor

Authors

  • Andi Sulastri Universitas Hamzanwadi
  • Syahrul Amar Universitas Hamzanwadi
  • Rohini Rohini Universitas Hamzanwadi
  • Husnul Mukti Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3847

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan sebab akibat yang positif dan signifikan antara pendidikan karakter dan kegiatan imtaq dalam membangun sikap disiplin siswa di masa pandemi Covid 19 di SDN 2 PANCOR tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini termasuk penelitian causal komparatif ( expos facto) kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini secara keseluruhan berjumlah 113 siswa. Sampel penelitian ini diambil dari kelas III, IV, V, dan VI masing-masing delapan orang siswa sehingga berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket skala lima. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik parametris multiple correlation dengan pengujian signifikan menggunakan uji-F.

Hasil yang didapatkan r-hitung > r-tabel (0,551>0,349) dan F-hitung > F-tabel (8,520>3,33), jadi hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat hubungan sebab akibat yang positif dan signifikan antara pendidikan karakter dan kegiatan imtaq dalam membangun sikap disiplin siswa SDN 2 PANCOR tahun ajaran 2020/2021 dan korelasi ganda tersebut dapat digeneralisasikan atau dapat diberlakukan untuk semua populasi penelitian.

 

References

Diana, Feri Sulis; Setyorini dan Sapto Irawan. (2019). Pengaruh Nilai Pendidikan Karakter Terhadap Disiplin Siswa Kelas XI SMK Islam Sudirman Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Psikologi Konseling, Volume 14, Nomor 1, hal. 374.

Fitriani, Iwan & Saumi, Abdulloh. (2018). Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Program Imtaq Dalam Membentuk Keperibadian Siswa, El-Midad Jurnal Jurusan PGMI, Volume 10, Nomor 2, hal. 75.

Putra, Purniadi. (2019). Implementasi Sikap Disiplin Di Lembaga Madrasah Ibtidaiyah (MI) Dalam Pembentukan Moral Anak.Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, Volume 11, Nomor 1, hal. 35.

Rahmat. (2016). PAI Interdisipliner: Layanan Khusus CIBI, Kenakalan Remaja, Integrasi IMTAQ dan IPTEK, Pendidikan Anti Kekerasan, dan Kurikulum Berbasis Karakter. Deepublish: Yogyakarta.

Syafeie, Ahmad Khomaini. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Iman dan Taqwa Dalam Pembentukan Kepribadian Melalui Kegiatan Intrakurikuler.Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 4, Nomor 1, hal. 64.

Wijaya, Intan Apri; Wijayanti, Okto dan Arifin Muslimin. (2019). Analisis Pemberian Reward dan Punishment Pada Sikap Disiplin SDN 01 Sokaraja Tengah.Jurnal Educatio FKIP UNMA, Volume 5, Nomor 2, hal. 85.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Sulastri, A., Amar, S., Rohini, R., & Mukti, H. (2021). Causal Comparatif Pendidikan Karakter Dan Kegiatan Imtaq Dalam Membangun Sikap Disiplin Siswa Di Masa Pandemi Covid 19 SDN 2 Pancor. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 173–181. https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3847

Most read articles by the same author(s)