Pengembangan Buku Catatan Harian Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar IPS SD Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi

Authors

  • Burhanuddin Burhanuddin
  • Rohini Rohini

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v3i2.678

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku catatan harian mahasiswa pada mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar IPS SD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Hamzanwadi. Pengumpulan data dilakukan dengan Validasi, Angket, dan Observasi. Instrument pengumpulan data yaitu: lembar observasi, lembar validasri, dan angket. Prosedur pengembangan dengan mengacu model Plomp dengan 8 tahapan, yaitu: 1) tahap pengkajian awal, 2) tahap perancangan, 3) tahap realisasi/konstruksi, 4) Validasi, 5) revisi, 6) ujicoba lapangan, 7) revisi, dan 8) Pemanfaatan. Hasil penelitian diperoleh buku catatan harian aktivitas belajar mahasiswa yang baik dan layak untuk digunakan oleh mahasiswa, dengan hasil validasi ahli diperoleh nilai 3.11 dengan kategori “Baikâ€. Hasil uji coba lapangan yang dilakukan terhadap 67 orang mahasiswa diperoleh hasil angket respon mahasiswa sebanyak 63 orang atau sekitar 94% mahasiswa memberikan respon positif terhadap yang dikembangkan, dan terdapat 4 orang atau sekitar 6% mahasiswa yang memberikan respon negatif. Adapun data dari hasil observasi yang dilakukan peneliti diperoleh data hampir 90 % mahasiswa aktif mencatat materi perkuliahan dan mampu menjelaskan kembali materi perkuliahan yang telah dipelajarinya di depan kelas. Dari hasil observasi dan wawancara diperoleh data bahwa mahasiswa menjadi lebih mengenal karya-karya TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, salah satunya yaitu wasiat renungan masa.

Kata kunci: Pengembangan, Buku catatan harian, Motivasi belajar.

 

Downloads

Published

2018-04-19

How to Cite

Burhanuddin, B., & Rohini, R. (2018). Pengembangan Buku Catatan Harian Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar IPS SD Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 23–34. https://doi.org/10.29408/didika.v3i2.678

Most read articles by the same author(s)