Penerapan Manajemen Kelas Untuk Meningkatkan Kemempuan Kerja Sama Dan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v5i2.1786Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dengan dua tahapan siklus yaitu siklus I dan II. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VI SDN 03 Pancor berjumlah 28 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan Pada siklus I, dari total siswa dikelas yang berjumlah 28 orang, terdapat 13 orang siswa (46%) sudah terlihat maksimal dalam menerapkan keterampilan kerjasama dalam proses pembelajaran ketika mengerjakan tugas secara berkelompok yang diberikan guru. Sedangkan 15 orang siswa (54%) masih belum maksimal. Berdasarkan hasil post test siklus I, diperoleh data dari 28 orang siswa terdapat 16 orang siswa (57%) sudah mencapai hasil sesuai KKM, 12 orang siswa (43%) belum mencapai KKM. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siklus II, dari 28 orang siswa, terdapat 25 orang siswa (89%) sudah terlihat maksimal dalam menerapkan keterampilan kerjasama dalam proses pembelajaran ketika mengerjakan tugas secara berkelompok yang diberikan guru. Sedangkan 3 orang siswa (11%) masih belum maksimal. Dari hasil post test pada siklus II, diperoleh data dari 28 orang siswa terdapat 26 orang siswa (93%) sudah mencapai hasil sesuai dengan KKM, sedangkan 2 orang siswa (7%) masih dibawah KKM. Ini artinya bahwa hasil belajar siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan yang ditentukan dalam penelitian ini yaitu tercapainya ketuntasan belajar siswa minimal 75%.
Kata kunci : Manajemen pengelolaan kelas, hasil belajar, kemampuan kerjasama
References
Abdul Majid. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Cet.IV; Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dirman, Juarsih, C. (2014). Karakteristik Peserta Didik. Jakarta. Rineka Cipta.
Ekawarna. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP Press Grup
Euis karwati, dan Donni Juni Priansa, (2014). Manjemen Kelas Classroom Management. Bandung : Alfabeta
George R. Terry. (2002). Principle of Management (6th Edition; Georgetown: Richard D. Irwing Inc.
Huda,M. (2011). Kooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ngalim, Purwanto. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Novan Ardy Wiyani, Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasi untuk menciptakan kelas yang kondusif. Yogyakarta : AR – RUZZ MEDIA, 2013.
Sarwono. (2011). Psikologi Sosial. Jakarta. Balai Pustaka.
Suharsimi Arikunto, (2012) Pengelolaan Kelas Dan Siswa ( Jakarta : Raja Grafindo.
Susanto, Ahmad, (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta. Kencana perdana media group.
Syaiful Bahri Djamarah. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Cet.III. Jakarta. Rineka Cipta.
Wina Sanjaya, (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.